Komparasi Intensitas Kerja Dengan Kadar Gula Darah Sewaktu, Asam Urat Dan Kolesterol Total Antara Pegawai FKKH Universitas Nusa Cendana Dengan Pekerja Di Lapas Kelas IIA Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Komparasi Intensitas Kerja Dengan Kadar Gula Darah Sewaktu, Asam Urat Dan Kolesterol Total Antara Pegawai FKKH Universitas Nusa Cendana Dengan Pekerja Di Lapas Kelas IIA Kupang

XML

Latar belakang : Diabetes melitus, asam urat dan kolesterol merupakan bagian dari penyakit tidak menular (PTM) yang secara global prevalensinya semakin meningkat setiap tahunnya. Faktor risiko Diabetes mellitus diantaranya dipengaruhi oleh hipertensi, dislipidemia, diet tidak sehat, obesitas, serta kurangnya aktivitas fisik. Sejalan dengan faktor risiko Diabetes, ada kesamaan faktor risiko asam urat dan kolesterol yakni kebiasaan seperti merokok, minum alkohol, diet yang tidak sehat dan aktivitas fisik yang kurang akan meningkatkan risiko. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa intensitas kerja yang lebih banyak menggunakan aktivitas fisik berpengaruh terhadap hasil pemeriksaan darah untuk kadar gula darah sewaktu (GDS), asam urat dan kolesterol total.
Tujuan : Mengetahui komparasi intensitas kerja dengan kadar gula darah sewaktu, asam urat dan kolesterol total antara pegawai FKKH Universitas Nusa Cendana dengan pekerja di Lapas Kelas IIA Kupang.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian analitikal observasional dengan rancangan cross sectional yang dilakukan pada pegawai FKKH Universitas Nusa Cendana dan pekerja di Lapas Kelas IIA Kupang melalui pengamatan, pengukuran, observasi terhadap objek yang diamati serta wawancara dan pengisian kuisioner secara terstruktur terhadap subjek penelitian. Dilakukan pengecekan gula darah sewaktu, asam urat, dan kolesterol total pada responden penelitian. Jumlah responden adalah 31 pegawai FKKH Undana dan 31 pekerja di Lapas Kelas IIA Kupang, sehingga total respondennya 62 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Penelitian dianalisis secara univariat, uji beda dan komparasi menggunakan statistik Mann Whitney dengan ρ-value 0,05 yang diolah menggunakan program SPSS.
Hasil : Hasil analisis statistik uji komparasi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan bermakna pada variabel gula darah sewaktu (p=0.030) dan kolesterol total (p=0,003) antara kelompok pegawai di FKKH Undana dengan Pekerja di Lapas Kelas IIA Kupang. Sedangkan tidak terdapat perbedaan bermakna antara variabel asam urat antara kelompok pegawai di FKKH Undana dengan Pekerja di Lapas Kelas IIA Kupang (p=0,398).
Kesimpulan : Terdapat perbedaan bermakna untuk pemeriksaan gula darah sewaktu dan kolesterol total, namun tidak ada perbedaan bermakna untuk nilai asam urat antara pegawai FKKH Universitas Nusa Cendana dengan Pekerja di Lapas Kelas IIA Kupang.

Kata kunci : GDS, Asam urat, Kolesterol total, Intensitas kerja, Pegawai FKKH, Pekerja Lapas


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ALEXANDER SHINTU SALEM - Personal Name
Student ID
1608010035
Dosen Pembimbing
CONRAD LIAB HENDRICSON FOLAMAUK - 198810162018031001 - Dosen Pembimbing 1
Kartini Lidia - 198004212008012024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Conrad Liab Hendricson Folamauk - 198810162018031001 - Ketua Penguji
KARTINI LIDIA - 198004212008012024 - Penguji 1
Prisca Deviani Pakan - 198812122014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
11201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Dokter
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
112.01 SAL K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA