Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Pembelajaran Tema 6 Panas Dan Perpindahan Sub Tema 3 Pengaruh Perpindahan Kalor Terhadap Kehidupan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Nasi Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Pembelajaran Tema 6 Panas Dan Perpindahan Sub Tema 3 Pengaruh Perpindahan Kalor Terhadap Kehidupan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Nasi Timor Tengah Selatan

XML

Rumusan masalah dalam penelitian iniadalah bagaimana penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan hasil belajar siswakelas V SD Inpres Nasi Timor Tengah Selatan?. Adapun tujuan dalam penelitian ini ialah:untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Nasi pada pembelajaran tema 6panas dan perpindahan, sub tema 3 pengaruh perpindahan kalor terhadap kehidupanpembelajaran 2. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitiantindakan kelas (PTK) dengan tahapan sebagai berikut: Perencanaan, pelaksanaan, observasidan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisisdata yakni deskriptif kualitatif dengan subjek berjumlah 14 orang dengan rincian 7 siswalaki-laki dan 7 siswa perempuan.Penelitian ini diadakan di SD Inpres Nasi Kabupaten Timor Tengah Selatan. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak 14 subjek yang diteliti maka yangtuntas yang tuntas pada siklus I yakni 3 orang (21,42%) dikarenakan selalu memusatkanperhatian selama pembelajaran berlangsung, selalu aktif dalam kelas, percaya diri ketikamenjawab pertanyaan yang diberikan, tidak membuat keributan saat pembelajaran dan dapatmengerjakan soal evaluasi dengan benar. Sedangkan 11 orang lainnya dari 14 subjek(78,57%) belum mencapai standar ketuntasan dikarenakan siswa kurang memusatkanperhatian, kurang aktif, pasif saat guru memberi pertanyaan dan lama dalam memahamipembelajaran serta hasil tesnya rendah. Selanjutnya siklus II hasil belajar siswa meningkatyakni dari 14 subjek yang diteliti sebanyak 11 siswa yang tuntas (78,57%) dikarenakan siswasudah memahami pembelajaran secara baik, aktif dalam pembelajaran, bekerja sama dalamkelompok, menjawab pertanyaan yang diberikan guru serta hasil tesnya meningkat.Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambarseri pada pembelajaran tema 6 panas dan perpindahan, sub tema 3 pengaruh perpindahankalor terhadap kehidupan, pembelajaran 2 dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDInpres Nasi Kabupaten Timor Tengah Selatan. Hal ini dibuktikan bahwa siklus II mengalamipeningkatan dan selanjutnya jumlah siswa yang mencapai nilai minimal ketuntasan lebihbanyak dari siklus I. Dengan demikian maka media pembelajaran gambar seri dapatmeningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Media Gambar Seri, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Asyan Yupri Linome - Personal Name
Student ID
1601140182
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Lin P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA