Peran Otoritas Jasa Keuangan Dalam Mengawasi Penyedia Pinjaman Online Ilegal Serta Akibat Hukumnya

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Otoritas Jasa Keuangan Dalam Mengawasi Penyedia Pinjaman Online Ilegal Serta Akibat Hukumnya

XML

Penelitian ini berlatar belakang Otoritas jasa keuangan adalah lembaga yang dibentuk untuk pengawasan kegiatan yang berkaitan dengan perbankan dan mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pemeriksaan, dan penyidikan. bertujuan untuk mengetahui, Peran Otoritas Jasa Keuangan dalam mengawasi penyedia pinjaman online illegal serta dampak hukumnya. dengan rumusan masalah yang diajukan yaitu bagaimanakah peran otoritas jasa keuangan dalam mengawasi penyedia pinjaman online illegal serta apa akibat hukum terhadap penyedia pinjaman online ilegal. Penelitian ini digunakan Jenis metode penelitian yang dilakukan dalam Penelitian ini yaitu penelitian yuridis normatif, dimana cara untuk mengungkapkan masalah dilakukan pengumpulan, penyusunan, penjelasan serta analisis data dari Objek yang diteliti dengan cara pengumpulan bahan hukum.

Hasil Penelitian ini menunjukan berdasarkan analisa data peran OJK harusnya lebih besar, karena pada dasarnya peran OJK dapat mendongkrak ekonomi negara lewat stabilisasi pasar keuangan modern dengan berbagai sistem elektronik baik hari ini dan masa depan dengan sistem yang semakin kompleks. Pertimbangan hukum dan upaya hukum dalam perlindungan konsumen sebagai suatu upaya yang membutuhkan suatu implementasi yang konsisten serta berkelanjutan dalam hal ini OJK sebagai lembaga pemerintahan yang berfungsi untuk mengatur serta memberikan paying hukum bagi para konsumen.

Peran Otoritas Jasa Keuangan Dalam Pengawasan Pinjaman Online Ilegal sejatinya memiliki fungsi sebagai pengawas Dua Arah. Dimana ruang lingkup tugas dan fungsinya untuk mengawasi pinjaman online dan masyarakat secara keseluruhan. Secara umum, pengawasan dua arah ini berkaitan dengan fungsi inti dari Otoritas Jasa Keuangan itu sendiri. Adapun fungsi intinya yaitu mengawasi semua kegiatan yang berkaitan dengan keuangan, tanpa terkecuali aplikasi pinjaman online, tidak berhenti sampai disitu saja, Otoritas Jasa Keuangan sebagai lembaga memiliki tanggung jawab untuk memastikan semua kegiatan yang berkaitan dengan keuangan di Indonesia menjadi lebih terarah dan teratur.
Kata Kunci: Peran, Otoritas Jasa Keuangan, Pinjaman Online.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1902010410
Dosen Pembimbing
AGUSTINUS HEDEWATA - 195908281986031004 - Dosen Pembimbing 1
YOSSIE MARIA YULIANTY YACOB - 197807072000501020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
AGUSTINUS HEDEWATA - - 19590828 198603 1 004 - Ketua Penguji
Yossie Maria Yulianty Yacob - 197807072000501020 - Penguji 1
Sukardan Aloysius - 195909061986011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 GOD P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA