Partisipasi Masyarakat Desa Dalam Percepatan Pembangunan Infrastruktur Desa (studi Kasus Pengelolaan Air Bersih Di Desa Oenoni II, Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang Tahun 2020)

Detail Cantuman

Skripsi

Partisipasi Masyarakat Desa Dalam Percepatan Pembangunan Infrastruktur Desa (studi Kasus Pengelolaan Air Bersih Di Desa Oenoni II, Kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang Tahun 2020)

XML

Penelitian untuk mengetahui Partisipasi masyarakat Desa Oenoni II dalam pembangunan infrastruktur di Desa Oenoni II, Penelitian ini mengunakan teori Mas‟oed dan Macandrews partisipasi politik yakni pemilihan kegiatan, lobi, keterlibatan masyarakat, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunkan wawancara, subjek dalam penelitian ini terdiri dari 1 orang Kepala desa, sekretaris desa, BPD, tiga orang masyarakat. Metode ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi serta observasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa Partisipasi masyarakat desa merupakan bagian yang sangat penting untuk melakukan kegiatan-kegiatan dalam pembangunan, infrastruktur, ekonomi sosial,budaya maupun kegiatan-kegiatan lainnya. Masyarakat sendiri selalu terlibat dalam pembangunan yang ada di Desa Oenoni II dalam hal ini pengerjaan pipa untuk menjalankan air bersih, melakukan gotong–royong untuk pembersihan lahan untuk menjalankan air bersih. Pemerintah Desa Oenoni II juga ada beberapa program yang sudah di rencangkan di Desa tersebut sehingga pemerintah Desa Oenoni II belum terfokus pada satu persoalan yang dibutuhkan oleh masyarakat yaitu air bersih ini dan juga informan menyatakan bahwa peran pemerintah desa cukup tetapi pembangunan air bersih belum merata di desa oenoni II, tetapi untuk proses melobi ke luar seperti ke Provinsi ada sehingga ada program dari luar yang bisa membantu untuk menunjang kehidupan masyarakat di Desa Oenoni II. Sehingga harapannya kepada pemerintah desa agar dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab menanggulangi masalah yang dihadapi oleh masyarakat secara serius.
Kata Kunci: Pembangunan Infrastruktur ,Pengelolaan air bersih di Desa Oenoni II


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Samuel Banik - Personal Name
Student ID
1703040132
Dosen Pembimbing
Frans B Ricky Humau - 1991010620190331008 - Dosen Pembimbing 1
Diana S A N Tabun - 9900007825 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Frans B Ricky Humau S.IP,. M.IP - 199101062019033 1 008 - Ketua Penguji
Diana S. A. N Tabun - 9900007825 - Penguji 1
AKHMAD SYAFRUDDIN - 198403252019031004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Ban P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA