FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ORANG MANGGARAI BERMIGRASI KE KOTA KUPANG (STUDI KASUS: DI KELURAHAN LASIANA, KECAMATAN KELAPA LIMA, KOTA KUPANG)

Detail Cantuman

Skripsi

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ORANG MANGGARAI BERMIGRASI KE KOTA KUPANG (STUDI KASUS: DI KELURAHAN LASIANA, KECAMATAN KELAPA LIMA, KOTA KUPANG)

XML

Kadur, Fransiskus Elki. 2023. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Orang Manggarai Bermigrasi Ke Kota Kupang Stidi Kasus Kelurahan Lasiana Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana. Pembimbing: (I) Drs. Mikael Samin, M.Si, (II) Mohammad Husain Hasan, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Migrasi, Faktor Pendorong, Faktor Penarik, Pola Migrasi Laju pertumbuhan penduduk di suatu daerah dipengaruhi oleh migrasi. Orang Manggarai yang datang ke Kota Kupang tersebar hampir di seluruh kelurahan yang ada di Kota Kupang dan salah satunya adalah Kelurahan Lasiana. Orang Manggarai yang bermigrasi ke Kelurahan Lasiana memiliki berbagai alasan untuk melakukan migrasi dari daerah asalnya ke Kota Kupang. Pada penelitian yang dilakukan peneliti ini bertujuan untuk mengetahui 1) Faktor pendorong orang Manggarai bisa bermigrasi ke Kota Kupang 2) Faktor Penarik dari Kota Kupang sehingga di minati orang Manggarai sebagai tujuan migrasi 3) Pola migrasi yang dilakukan orang Manggarai. Hal paling mendasar yang ingin dilihat dari penelitian ini adalah faktor pendorong yang meliputi faktor ekonomi, faktor sosial budaya dan faktor politik dan faktor penarik yang meliputi faktor peluang usaha, faktor sarana dan prasarana dan faktor lingkungan yang nyaman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah orang Manggarai yang tinggal di Kelurahan Lasiana yang berjumlah 30 KK. Sumber datanya adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, kuisioner, wawancara dan studi pustaka. Hasil dari data yang diperoleh akan di hitung menggunakan SPSS versi 25.0 for windows. Hasil akhir dari penelitian yang dilakukan peneliti terhadap orang Manggarai yang bermigrasi ke Kota Kupang tepatnya di Kelurahan Lasiana dilihat dari faktor pendorong dan faktor penariknya adalah karena faktor ekonomi yang paling utama yang membuat mereka ingin bermigrasi ke wilayah yang baru dan faktor pendukungnya saat mereka tiba di wilayah tujuan mereka yaitu faktor peluang mereka untuk membuka usaha, faktor sarana dan prasarana yang memadai dan lengkap dan faktor lingkungan sosial masyarakat yang membuat mereka merasa nyaman sehingga memilih untuk menetap lebih lama.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Fransiskus Elki Kadur - Personal Name
Student ID
1601100101
Dosen Pembimbing
Muhammad Husain Hasan, S.Pd, M.Pd. - 19880602 2019031012 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. Mikael Samin, M. Si - 19620918199003003 - Ketua Penguji
Muhammad Husain Hasan S.Pd, M.Pd - 198806022019031012 - Penguji 1
Agustinus Hale Manek - 19920828202231009 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
472.01 dur f
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA