Skripsi
Pelaksanaan Pembelajaran Ppkn Dalam Pembentukan Karakter Nasionalisme Siswa Kelas X Sma Negeri Oenopu Kecamatan Biboki Tanpah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU)
XML
Usboko, Imakulata, 2023. “Pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam pembentukan karakter nasionalisme siswa kelas X SMA Negeri Oenopu Kecamatan Biboki Tanpah Kabupaten Timor Tengah Utara”. (Dr. Dorcas Langgar, M.Pd sebagai pembimbing I dan Daud Y. Nassa, S.Pd., M.Pd sebagai pembimbing II). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Mengapa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Penting dalam pembentukan Karakter Nasionalisme Siswa kelas X SMA Negeri Oenopu? 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan pancasila dan Kewarganegaraan dalam Membentuk karakter Nasionalisme Siswakelas X SMA Negeri Oenopu?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk
mendeskripsikan pentingnya pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam membentuk karakter nasionalisme siswa kelas X SMA Negeri oenopu. 2) Untuk mendeskripsikan pelakasanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam membentuk karakter nasionalisme siswa kelas X SMA Negeri Oenopu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran PPKn sangat penting dalam pembentukan karakter nasionalisme siswa, karena didalam mata pelajaran PPKn mempelajari tentang karakter dan sikap siswa. Karakter nasionalisme sangat penting ditanamkan untuk generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan perjuangan bangsa untuk mengisi kemerdekaan Indonesia dimasa mendatang. Sehingga karakter nasionalisme akan selalu dibutuhkan untuk ditanamkan kepada siswa-siswi. 2) Perencanaan Pembelajaran yang meliputi empat komponen
yaitu a) Guru menentukan tujuan pembelajaran yang berkaitan dengan kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang mengarah pada pembentukan karakter, b) Guru menetapkan materi tentang paham kebangsaan nasionalisme dan menjaga keutuhan NKRI c) Guru menetapkan
metode ceramah sebagai pengantar, diskusi kelompok, presentasi dan tanya jawab, d) Guru memilih sumber belajar melalui buku dan memilih media pembelajaran PPT, laptop, hp, dan papan tulis. Pelaksanaan pembelajaran meliputi a) Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam, berdoa, memberikan motivasi dan apersepsi, b) Guru menyampaikan materi, c) Guru menerapkan metode ceramah, tanya jawab, penugasan, dan diskusi, serta guru menutup pelajaran dengan doa dan salam.
Kata Kunci : Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Karakter Nasionalisme Siswa.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Imakulata Usboko - Personal Name
|
Student ID |
1901070094
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Ketua Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Penguji 1 DAUD YEFKANIUS NASSA - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Oko P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |