TRANSPARANSI INFORMASI PUBLIK DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN LEMBATA

Detail Cantuman

Skripsi

TRANSPARANSI INFORMASI PUBLIK DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN LEMBATA

XML

Transparansi merupakan konsep yang sangat penting dan menjadi semakin penting dengan semakin kuatnya keinginan untuk mengembangkan praktek good governance. Dengan adanya transparansi dalam melaksanakan penyelenggaraan negara atau pemerintahannya,membuat masyarakat dapat ikut berpartisipasi aktif dalam mengontrol setiap langkah dan kebijakan yang diambil oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan transparansi informasi publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Lembata.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Informan yang menjadi narasumber penelitian ini adalah Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Lembata, Kepala Bidang Pelayanan Perizinan, Kepala Subbagian keuangan & Perencanaan, Staf Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, masyarakat yang mau mengurus izin dan masyarakat yang sudah mengurus izin. Jadi, total informan dalam penelitian ini berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah mengukur transparansi atau tidaknya suatu Badan Publik dalam memberikan informasi dengan beberapa indikator yaitu Transparansi prosedur pelayanan, Transparansi persyaratan teknis dan administratif pelayanan, Transparansi rincian biaya pelayanan, Transparansi waktu penyelesaian pelayanan dan dua jenis informasi yaitu informasi yang wajib disediakan secara berkala dan informasi yang wajib disediakan setiap saat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi rincian biaya pelayanan sudah dikatakan baik namun dari segi prosedur pelayanan, persyaratan teknis dan administrasi pelayanan dan waktu penyelesaian pelayanan belum sepenuhnya transparan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini dilihat dari prosedur pelayanan, persyaratan teknis dan administrasi pelayanan, waktu penyelesaian pelayanan yang masih belum terpublikasikan dengan baik. Begitu juga dengan ketersediaan informasi dari informasi yang wajib disediakan secara berkala dan informasi yang wajib disediakan setiap saat belum sepenuhnya transparan karena belum memiliki website tersendiri.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Marlinda Ose - Personal Name
Student ID
1903010136
Dosen Pembimbing
Laurensius P. Sayrani - 197802052006041002 - Dosen Pembimbing 1
Umbu T.W. Pariangu, S.Sos, MPA - 197812202006041002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Laurens P. Sayrani, M.P.A - 197802052006041001 - Ketua Penguji
Umbu Tay W Pariangu - 197812202006041002 - Penguji 1
Dra Yaherlof Foeh M.Si - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Ose T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA