Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Oele Kecamatan Rote Selatan Kabupaten Rote Ndao

Detail Cantuman

Skripsi

Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Oele Kecamatan Rote Selatan Kabupaten Rote Ndao

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Oele Kecamatan Rote Selatan Kabupaten Rote Ndao. Adapun tujuan Puskesmas Oele Kecamatan Rote Selatan Kabupaten Rote Ndao sebagai pelayanan langsung, penunjang, administrasi dan manajemen puskesmas, meningkatkan kepercayaan pelanggan eksternal dan internal melalui pendidikan, pelatihan dan penelitian yang menunjang peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang baik dan menjamin kepuasan masyarakat.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara gabungan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan studi Kepustakaan. Analisis data bersifat induktif/kualitatif, dengan model interaktif yang dicetuskan oleh Miles, Huberman, dan Sugiyono (2012: 246).
Hasil penelitian lebih menekankan pada makna generalisasi yang menunjukkan bahwa, pelayanan kesehatan di Puskesmas Oele dilihat dari indikator pengukuran tingkat kepuasan terhadap pelayanan kesehatan melalui (1) prosedur layanan adalah masyarakat merasa puas karena pelayanan sesuai alur pelayanan yang ditetapkan tapi sbagian tidak puas karena ada petugas kesehatan yang kerja tidak sesuai dengan standar layanan, (2) waktu penyelesaian layanan adalah sebagian kurang puas karena petugas sering datang terlambat dan cepat pulang, (3) biaya pelayanan adalah puas karena pelayanan bersifat menyeluruh pada masyarakat yang memiliki kartu BPJS maupun yang tidk memiliki kartu karena yang memiliki kartu tidak punggut biaya dan yang tidak memiliki kartu membayar Rp. 5.000,00 dan kecepatan waktu layannya sama, (4) produk pelayanan adalah puas karena berperan sebagai layanan informasi untuk mrespon keadaan dan menunjang kecepatan layanan kesehatan, (5) saran dan prasarana, puas karena didukung oleh failitas yang telah disediakan dan (5) kompetensi petugas, puas dengan kualitas petugas karena memiliki keahlian, ketrampilan dan pengalaman.

Kata Kunci : Tingkat Kepuasan, Pelayanan Kesehatan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
PUTRI ROSALIN MALELAK - Personal Name
Student ID
1703060022
Dosen Pembimbing
NURSALAM - 196410091991031001 - Dosen Pembimbing 1
Yohanis Ndoda - 195810051987021001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nursalam - 196410091991031001 - Ketua Penguji
Yohanis Ndoda - 195810051987021001 - Penguji 1
Melkisedek N B C Neolaka - 196205191989011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 MAL T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA