Skripsi
Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Oele Kecamatan Rote Selatan Kabupaten Rote Ndao
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Oele Kecamatan Rote Selatan Kabupaten Rote Ndao. Adapun tujuan Puskesmas Oele Kecamatan Rote Selatan Kabupaten Rote Ndao sebagai pelayanan langsung, penunjang, administrasi dan manajemen puskesmas, meningkatkan kepercayaan pelanggan eksternal dan internal melalui pendidikan, pelatihan dan penelitian yang menunjang peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang baik dan menjamin kepuasan masyarakat.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara gabungan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan studi Kepustakaan. Analisis data bersifat induktif/kualitatif, dengan model interaktif yang dicetuskan oleh Miles, Huberman, dan Sugiyono (2012: 246).
Hasil penelitian lebih menekankan pada makna generalisasi yang menunjukkan bahwa, pelayanan kesehatan di Puskesmas Oele dilihat dari indikator pengukuran tingkat kepuasan terhadap pelayanan kesehatan melalui (1) prosedur layanan adalah masyarakat merasa puas karena pelayanan sesuai alur pelayanan yang ditetapkan tapi sbagian tidak puas karena ada petugas kesehatan yang kerja tidak sesuai dengan standar layanan, (2) waktu penyelesaian layanan adalah sebagian kurang puas karena petugas sering datang terlambat dan cepat pulang, (3) biaya pelayanan adalah puas karena pelayanan bersifat menyeluruh pada masyarakat yang memiliki kartu BPJS maupun yang tidk memiliki kartu karena yang memiliki kartu tidak punggut biaya dan yang tidak memiliki kartu membayar Rp. 5.000,00 dan kecepatan waktu layannya sama, (4) produk pelayanan adalah puas karena berperan sebagai layanan informasi untuk mrespon keadaan dan menunjang kecepatan layanan kesehatan, (5) saran dan prasarana, puas karena didukung oleh failitas yang telah disediakan dan (5) kompetensi petugas, puas dengan kualitas petugas karena memiliki keahlian, ketrampilan dan pengalaman.
Kata Kunci : Tingkat Kepuasan, Pelayanan Kesehatan
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
PUTRI ROSALIN MALELAK - Personal Name
|
Student ID |
1703060022
|
Dosen Pembimbing |
NURSALAM - 196410091991031001 - Dosen Pembimbing 1
Yohanis Ndoda - 195810051987021001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Nursalam - 196410091991031001 - Ketua Penguji
Yohanis Ndoda - 195810051987021001 - Penguji 1 Melkisedek N B C Neolaka - 196205191989011001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Administrasi Negara
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.01 MAL T
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |