ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) INA GELEKAT KOTA LARANTUKA KABUPATEN FLORES TIMUR

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) INA GELEKAT KOTA LARANTUKA KABUPATEN FLORES TIMUR

XML

PDAM merupakan salah satu instansi yang sering mendapat keluhan dari masyarakat sebagai pelanggan mengenai kualitas pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada pengaruh kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap kepuasan pelanggan pada PDAM Kabupaten Flores Timur secara parsial, dan apakah ada pengaruh kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap kepuasan pelanggan pada PDAM Kabupaten Flores Timur secara simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan, yang terdiri dari tangible (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), dan empathy (X5). Sedangkan, variabel dependen dalam penelitian ini adalah kepuasan pelanggan (Y). Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan PDAM Kabupaten Flores Timur khususnya pelanggan rumah tangga. Jumlah responden yang ditentukan sebanyak 98 responden. Penentuan sampel menggunakan probability sampling, yaitu dengan cara purposive sampling, artinya penentuan sampel berdasarkan tujuan dan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan observasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda melalui SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial faktor tangible, reliability, responsiveness dan emphaty berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan PDAM Kabupaten Flores Timur. Sebaliknya, faktor assurance tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan PDAM Kabupaten Flores Timur. Secara bersama-sama atau simultan seluruh variable berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan PDAM Kabupaten Flores Timur.

Kata kunci : Kualitas dna kepuasan pelanggan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1903010126
Dosen Pembimbing
PETRUS KASE - 196208091988031002 - Dosen Pembimbing 1
Theny I. B. Kurniati Pah - 199004052019032030 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Kase - 196208091988031002 - Ketua Penguji
Theny I. B. Kurniati Pah - 19900405 201903 2 030 - Penguji 1
Yohanis Ndoda - 195810051987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Kew A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA