Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Gaya Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV SD Inpres Fatufeto 1 Kupang.

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Gaya Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV SD Inpres Fatufeto 1 Kupang.

XML

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA materi gaya pada siswa kelas IV SD Inpres Fatufeto 1 Kupang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi gaya melalui model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 07 Maret 2023 dan Siklus II dilaksanakan pada tanggal 08 Maret 2023. Penelitian dilaksanakan pada kelas IV SD Inpres Fatufeto 1 Kupang dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari 8 laki- laki dan 12 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya pada siswa kelas IV SD Inpres Fatufeto 1 Kupang. Peningkatan hasil belajar IPA materi gaya diketahui dengan hasil tes pada Siklus I dan Siklus II yang menunjukkan peningkatan nilai rata- rata dan persentase ketuntasan secara klasikal. Rata- rata nilai siswa materi gaya pada kondisi awal (pra-siklus) 71,65 dengan ketuntasan klasikal sebesar 40% (8 siswa) dari 20 siswa yang mencapai nilai ≥ 75 (nilai KKM). Siklus I sebesar 73,05 dengan ketuntasan klasikal sebesar 60% (12 siswa) yang mencapai nilai ≥ 75 (nilai KKM). Siklus II sebesar 88,55 dengan ketuntasan klasikal 90% (18 siswa) yang mencapai nilai ≥ 75 (nilai KKM). Dengan melihat hasil kedua siklus diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Ipa materi gaya.

Kata kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Pembelajaran IPA


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ervin Tualaka - Personal Name
Student ID
1601140211
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Penguji 1
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 TUA P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA