LINTASAN BELAJAR MATEMATIKA REALISTIK KONTEKS PERMAINAN ANAK LEGO UNTUK MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SD GMIT ATAMBUA 3

Detail Cantuman

Skripsi

LINTASAN BELAJAR MATEMATIKA REALISTIK KONTEKS PERMAINAN ANAK LEGO UNTUK MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SD GMIT ATAMBUA 3

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain lintasan belajar matematika realistic konteks permainan anak lego untuk materi volume kubus dan balok di kelas V SD GMIT Atambua 3.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu design research yang mana metode ini difokuskan pada pengembangan desain lintasan belajar matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang melibatkan 6 orang siswa pada siklus pilot experiment dan 21 orang siswa pada siklus teaching experiment. Penelitian ini bertempat di SD GMIT Atambua 3 dengan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Penelitian ini menghasilkan suatu lintasan pembelajaran (Learning Trajectory) melalui pendekatan PMR yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran terkait materi volume kubus dan balok di SD GMIT Atambua 3. Learning trajectory yang dihasilkan terdiri atas 10 aktivitas dimana pendekatan PMR menjadi acuan utama dalam setiap aktivitas yang ada. Konteks yang digunakan pada penelitian ini merupakan permasalahan yang bersifat realistic yaitu masalah terkait membuat kubus dan balok menggunakan bongkahan lego satuan. Kemudian siswa diminta untuk mengidentifikasi sifat bangun ruang pada masalah, menggambar bangun ruang sesuai hasil identifikasi, lalu menentukan bagian-bagian dari gambar bangun ruang. Aktivitas selanjutnya yaitu membuat 3 kubus dan 3 balok dari bongkahan lego satuan, kemudian menyelesaikan permasalahan yang diberikan di awal pembelajaran dan diakhiri dengan menyimpulkan rumus volume kubus dan balok.
Kata kunci: Lintasan belajar, volume kubus dan balok, PMR


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
febriyani neno - Personal Name
Student ID
1801030041
Dosen Pembimbing
Penguji
Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc - 19651231 199203 1 027 - Ketua Penguji
Dr. Damianus Dao Samo, M.Pd - - Penguji 1
Ofirenty Elyada Nubatonis, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Nen L
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA