Persepsi Guru Biologi Terhadap Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid’19 Pada Sekolah Menengah Atas Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Persepsi Guru Biologi Terhadap Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid’19 Pada Sekolah Menengah Atas Kota Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Guru Biologi Terhadap Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid’19 Pada Sekolah Menengah Atas Kota Kupang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 16 Juli sampai 19 November 2022 di SMA N 2 Kota Kupang, SMA N 4 Kota Kupang, SMA N 6 Kota Kupang, SMA N 7 Kota Kupang, SMA N 10 Kota Kupang, SMA Tunas Harapan Kota Kupang, SMA Kristen Mercusuar Kota Kupang dan SMA St Carolus Kota kupang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yakni penelitian kualitatif dengan desain deksriptif dengan pengambilan data diambil menggunakan metode wawancara dan kuisioner serta data yang didapatkan diolah melalui beberapa tahapan yaitu, tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data pada aspek pertama dan aspek kedua yaitu ketuntasan belajar dan aktifitas belajar dari delapan sekolah yang dilakukan penelitian, ditemukan bahwa kejujuran siswa dalam melaksanakan pembelajaran secara daring menjadi evaluasi bagi guru. Selain itu kendala jaringan, paket data dan handpone yang tidak dimiliki beberapa siswa menjadi kendala siswa dalam kehadiran siswa dan dalam menerima materi dalam pembelajaran serta kurangnya interkatif siswa dan berdampak pada rendahnya pemahaman siswa akan materi yang diajarkan. Dan juga Pembelajaran daring juga menurut guru membuat siswa malas dan juga sulit untuk di control. Analisis pada aspek yang ketiga tentang kemampuan guru dalam mengelola kelas yakni, model dan metode tidak efektif digunakan guru dalam proses pembelajaran secara daring, materi yang diberikan guru melalui media zoom dan google meet di sampaikan dalam bentuk ceramah. Bahan ajar dan sumber belajar berasal dari buku-buku cetak, modul dan juga internet yang relevan. Analisis aspek yang keempat tentang sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran yakni,sekolah memberikan bag siswa dan guru berupa bantuan uang dan paket. Aspek yang terakhir yakni penguasaan guru terhadap teknologi, rata-rata para guru biologi telah memiliki disiplin ilmu akan penggunaan teknologi dan aplikasi yang cukup baik. Hal ini menunjukan bahwa persepsi guru biologi terhadap pembelajaran daring selama masa pandemic covid’19 memiliki pengalaman yang berbeda-beda dengan berbagai kendala dan solusi yang sama di rasakan guru selama proses pembelajaran daring berlangsung.
Kata Kunci : Persepsi guru, Pembelajaran Daring


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
HENGKI F. J. P TAEK - Personal Name
Student ID
1801040036
Dosen Pembimbing
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 1
Mario j. Santrum - 196405241992031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angela Gabriela Lika - - Ketua Penguji
MARIO J. SANTRUM - 1961405241992031002 - Penguji 1
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 TAE P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA