Perancangan Shopping Mall Di Kota Soe Dengan Pendekatan Sustainable Architecture

Detail Cantuman

Skripsi

Perancangan Shopping Mall Di Kota Soe Dengan Pendekatan Sustainable Architecture

XML

Kota Soe sebagai ibu kota kabupaten, seperti umumnya mengalami perkembangan, baik dari segi kependudukan maupun perekonomian, yang meningkat. Kebutuhan akan sandang, pangan, papan, hingga rekreasi belum tersedia. Kegiatan diatas menghasilkan proses transaksi jual beli yang membutuhkan wadah untuk memenuhi semua kegiatan tersebut sehingga perancangan Shopping Mall dengan pendekatan Sustainable Architecture dapat menjadi solusi dari permasalahan diatas.
Terdapat 2 metode yang digunakan dalam perancangan ini, yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif. Metode kualitatif dilakukan dengan cara menganalisis data-data yang ada, untuk melihat hubungan sebab akibat dalam kaitan dengan penciptaan suasana yang berhubungan dengan desain Shopping Mall Di Kota Soe. Sedangkan metode kuantitatif dilakukan dengan membuat perhitungan- perhitungan tertentu berdasarkan hasil studi yang dibuat, untuk mendapatkan dimensi mengenai suatu objek yang ingin direncanakan.
Dalam perancangan ini, bentukan dasar bangunan mengikuti bentuk tapak sehingga terkesan menyatu dengan lingkungan yang kemudian disesuaikan dengan respon terhadap iklim. Perancangan ini juga menerapkan konsep Sustainable Architecture menurut Paola Sassi (2006). Tujuan yang akan dicapai adalah merancang Shopping Mall yang dapat memudahkan masyarakat dalam berbelanja dan juga dapat digunakan oleh para penyandang cacat.
Penerapan konsep Sustainable Architecture, yakni: aspek energy menerapkan natural ventilation dan (cross ventilation untuk mengalirkan suhu panas dan panel surya sebagai sumber energi listrik alternatif pada bangunan), aspek material re-newable (secondary skin dengan mengunakan material kayu sebagai mengurangi radiasi panas matahari ke bangunan) aspek water menerapkan Rainwater harvesting (system recycle air hujan untuk memanfaatkan kembali air hujan), aspek health & well- being menerapkan maximum natural light (skylight untuk mengurangi pengunaan cahaya buatan dan berdampak positif bagi pengunjung), aspek community menerapkan visual amenity spaces (menciptakan kenyamanan tersebut terwujud dalam bentuk green spaces dalam bangunan).

Kata kunci: Shopping Mall, Kota Soe, Sustainable Architecture.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
HENDRO D. KUDJI - Personal Name
Student ID
1706090031
Dosen Pembimbing
APLIMON JEROBISONIF - 197704042006041002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
THEODORA M.C. TUALAKA - 19910321 201903 12 021 - Ketua Penguji
Aplimon Jerobisonif - 197704042006041002 - Penguji 1
I Gusti Ngurah Wiras Hardy - 198805092018031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
23201
Edisi
Published
Departement
Arsitektur
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
232.01 KUD P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA