Skripsi
Kemampuan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Adhyaksa Kupang Tahun Ajaran 2021/2022
XMLFokus penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Adhyaksa Kupang?. Tujuan Penelitianmeningkatkan kemampan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Adhyaksa Kupang. Teori yang digunakakn dalam penelitian ini adalah teori kontruktivisme, karena yang diukur dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis teks berita dengan kekatifan siswa untuk beljar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini peneliti memilih meneliti materi tentang teks berita dengan mengembangkan KD 3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan indikator yang harus dicapai siswa yaitu siswa mampu menulis teks berita berdasarkan kelengkapan isi berita ( mengandung unsur 5W+1H). Berita suatu teks yang berisi cerita atau kejadian yang hangat. Tema berita yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bencana Alam. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada 15 siswa SMP Adhyaksa Kupang, kemampuan menulis teks berita memperhatikan unsur-unsur, struktur dan kaidah kebahsaan dapat dikatakan siswa mampu menulis teks berita. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil presentase siswa yang mencapai KKM 75 keatas berjumlah 11 siswa dengan presentase 73.33% dan yang belum mencapai KKM sebanyak 4 siswa dengan presentase 26.66%.
Kata Kunci: Unsur 5W+1H, Struktu berita,Menulis berita
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nadia Arifanda - Personal Name
|
Student ID |
1801010084
|
Dosen Pembimbing |
ALEX DJAWA - 196108051993031001 - Dosen Pembimbing 1
SEMUEL HAJAI NITBANI - 196105021989031002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
882.01 Ari K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |