Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA NEGERI 1
XMLTujuan penelitian untuk : (1) Untuk menganalisis hasil belajar dikelas eksperimen yang menerima perlakuan pembelajaran project based learning berbantuan media audio visual. (2) Untuk menganalisis hasil belajar di kelas kontrol yang tidak menerima perlakuan pembelajaran project based learning berbantuan media audio visual (3) Untuk mengetahui hasil belajar belajar peserta didik kelas X IS SMA Negeri 1 Insana melalui model pembelajaran project based learning berbantuan media audio visual.Penelitian ini termasuk pada kategori penelitian eksperimen semu (quasi experimental reseach) yang pengontrolan variabel hanya dilakukan terhadap satu variabel yang dipandang paling dominan. Penelitian ini melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diajar dengan menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan media audio visual sedangkan pada kelompok kontrol diajar menggunakan model konvensional. Hasil Penelitian (1) adanya pengaruh dalam penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan media audio visualterhadap hasil belajar peserta didik dengan hasil analisis Regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikan pada item model sebesar 0,042> 0,05. (2) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan media audio visual. (3) Hal ini dibuktikan dengan perbedaan rata rata hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan project based learning berbantuan media audio visual 8845% lebih tinggi daripada persentasi nilai peserta didik yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan model konvensional yang hanya mencapai 11,55%. Kesimpulan, Oleh karena itu maka, model pembelajaran project based learning berbantuan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi peserta didik kelas X IPS. Perbedaan signifikan pada rata-rata hasil belajar peserta didik juga membuktikan bahwa peserta didik mampu mencapai KKM dengan menggunakan model pembelajaran project based learningberbantuan media audio visual 88,45% lebih tinggi presentasi nilai pada pembelajaran konvensional
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Media audio Visual, hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MARIA YULIANA NAINAIF - Personal Name
|
Student ID |
1601100008
|
Dosen Pembimbing |
Sunimbar - 198901012019032025 - Dosen Pembimbing 1
BELLA THEO TOMI PAMUNGKAS - 199209042019031013 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Sunimbar - 19890101201903025 - Ketua Penguji
BELLA THEO TOMI PAMUNGKAS - 199209042019031013 - Penguji 1 Agustinus Hale Manek - 19920828202231009 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Geografi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
472.01 AIF P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |