Peran Guru Dalam Layanan Bimbingan Belajar Kelompok Untuk Meningkatkan Kerjasama Dan Kepercayaan Diri Siswa Di Kelas IV SD Negeri Balfai

Detail Cantuman

Skripsi

Peran Guru Dalam Layanan Bimbingan Belajar Kelompok Untuk Meningkatkan Kerjasama Dan Kepercayaan Diri Siswa Di Kelas IV SD Negeri Balfai

XML

Penelitian ini diadakan di SD Negeri Balfai Kabupaten Kupang khususnya kelas IV dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Guru berperan sebagai pengajar bertugas memberikan pelajaran agar murid memahami dengan baik semua pengetahuan telah disampaikan. 2) Guru berperan sebagai pendidik merupakan peran-peran yang berkaitan tugas-tugas memberi bantuan dan dorongan (supporter), tugas-tugas pengawasan dan pembinaan (supervisor) serta tugas-tugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan anak agar anak itu menjadi patuh terhadap aturan-aturan sekolah dan norma hidup dalam keluarga dan masyarakat. 3) Guru berperan sebagai pembimbing berkewajiban memberikan bantuan kepada siswa agar mereka mampu menemukan masalahnya sendiri, memecahkan masalahnya sendiri, mengenal diri sendiri, dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Murid-murid membutuhkan bantuan guru untuk mengatasi kesulitan-kesulitan pribadi, kesulitan pendidikan, kesulitan memilih pekerjaan, kesulitan dalam hubungan sosial, dan interpersonal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa peran guru dalam layanan bimbingan belajar kelompok untuk meningkatkan kerjasama dan kepercayaan diri siswa kelas IV SD Negeri Balfai Kabupaten Kupang sebagai berikut. (1) latar belakang dilaksanakanya bimbingan kelompok adalah untuk membimbing siswa yang kurang dalam percaya dirinya siswa yang mengikuti kegiatan layanan bimbingan kelompok dapat secara langsung berlatih mengemukakan pendapat, berbicara dan menjawab pertanyaan. (2) bentuk-bentuk bimbingan kelompok yang digunakan dalam meningkatkan kerjasama dan kepercayaan diri siswa adalah kegiatan kelompok dan diskusi kelompok. (3) kontribusi bimbingan kelompok yang dilakukan oleh guru pembimbing adalah mengarahkan peserta didik secara terus menerus untuk menerapkan nilai-nilai yang diajarkan guru, tidak hanya dalam proses pembelajaran tetapi juga dalam melakukan kerjasama dalam bimbingan kelompok di kelas IV SD Negeri Balfai Kabupaten Kupang.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa guru memiliki peran yang sangat penting. Sebagai orang tua di sekolah, guru memiliki tanggung jawab besar dalam mendidik , membimbing serta menjadi model dan teladan yang baik bagi peserta didik. Pelaksanan layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang diberikan oleh guru kepada peserta didik yang beranggota beberapa orang atau kelompok. Kerjasama kelompok dapat memberikan hasil yang lebih baik. Kerjasama kelompok memberikan semangat, kepuasan dan kebahagian para anggota. Tingkat kepercayaan diri peserta didik di SD Negeri Balfai tergolong cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari prestasi-prestasi siswa yang cukup bagus baik itu di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. kemampuan yang ada didalam dirinya.
Kata Kunci: Peran Guru, Bimbingan Kelompok, Kerjasama dan Kepercaya Diri,


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
KIKI KUSPO - Personal Name
Student ID
1901140048
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Maxel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 KUS P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA