Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas V SD Inpres Kiukolo Kabupaten Timor Tengah selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas V SD Inpres Kiukolo Kabupaten Timor Tengah selatan

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang organ gerak hewan dan manusia melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Kiukolo yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Metode pengambilan data dilakukan dengan tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa serta penggunaan lembar observasi untuk mencatat aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Untuk memecahkan masalah yang ada maka penulis menerapkan model Problem Based Learning sebagai model pembelajaran. Data-data yang dikumpul kemudian di analisis secara deskriptif, kualitatif dan kuantitatif .
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan Menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) terbukti meningkatkan hasil belajar siswa. Kinerja guru pada siklus I berada pada kategori baik, yaitu 72,61% dan meningkat lagi pada siklus II berada pada kategori baik sekali yaitu, 72,85%. Keaktifan siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I siswa ada pada kategori baik yaitu 64,35% dan meningkat lagi pada siklus II berada pada kategori baik sekali yaitu 98,45%. berarti sudah menjawab indikator yang ditentukan. Oleh karna itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tema 1 subtema 1 pembelajaran 1 untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Kiukolo Kabupaten Timor Tengah Selatan
Kata Kunci: Belajar, Pembelajaran, Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901140307
Dosen Pembimbing
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
ADAM BENU - - Penguji 1
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Neo P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA