Skripsi
Peran Guru PPKn Dalam Mewujudkan Sikap Peduli Sosial Siswa Kelas X SMA Negeri Noemuti Kecamatan Noemuti Kabupaten TTU
XMLABSTRAK
Haumetan, Leonita. 2021. Peran Guru PPKn Dalam Mewujudkan Sikap Peduli Sosial Siswa Kelas X SMA Negeri Noemuti Kecamatan Noemuti Kabupaten TTU (Dr. Leonard Lobo, M.Kes Sebagai Pembimbing I Dan Drs. Semuel Sabat, M.Si Sebagai Pembimbing II)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru PPKn dalam mewujudkan sikap peduli sosial siswa kelas X SMA Negeri Noemuti Kecamatan Noemuti Kabupaten TTU, mendeskripsikan faktor yang menghambat guru PPKn dalam mewujudkan sikap peduli sosial siswa kelas X SMA Negeri Noemuti Kecamatan Noemuti Kabupaten TTU dan untuk mendeskripsikan solusi untuk mengatasi hambatan guru PPKn dalam mewujudkan sikap peduli sosial siswa kelas X SMA Negeri Noemuti Kecamatan Noemuti Kabupaten TTU.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu meneliti suatu objek dengan menghimpun, menggambarkan dan menganalisis data dan fakta serta menarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian. Data yang telah dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMA Negeri Noemuti, Guru PPKn SMA Negeri Noemuti, dan siswa-siswi kelas X SMA Negeri Noemuti.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru PPKn dalam mewujudkan sikap peduli sosial siswa kelas X SMA Negeri Noemuti dilakukan dengan 4 peran pokok guru yaitu 1). Peran guru sebagai pengajar dimana guru PPKn menyiapkan model dan juga metode yang disesuaikan dengan materi. 2). Peran guru sebagai pendidik dimana guru PPKn menjadi panutan. 3). Peran guru sebagai pelatih dimana guru PPKn melatih siswa dalam setiap sikap yang dialkuan. 4). Peran guru sebagai pembimbing dimana guru PPKn selalu membimbing siswa untuk saling menegakkan sikap peduli sosial. Dalam menjalankan peran tersebut terdapat beberapa faktor yang menghambat yaitu 1). Perbedaan karakter siswa dalam kelas. 2). Perbedaan jenis kelamin. 3). Faktor dari diri siswa. 4). Perkembangan teknologi. 4). Kurangnya disiplin waktu. Untuk mengatasi hambatan tersebut guru PPKn juga memiliki solusi diantaranya, 1). Memperhatikan perkembangan sikap siswa. 2). Terus mengarahkan, memotivasi dan juga nasehat-nasehat. 3). Menempatkan posisi duduk siswa. 4). Menjadi teladan bagi siswa. 5). Menerapkan model dan juga metode pembelajaran yang dapat mewujudkan sikap peduli sosial siswa.
Kata Kunci : Peran Guru PPKn, Sikap Peduli Sosial
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Leonita Maria Salvi Haumetan - Personal Name
|
Student ID |
1701070055
|
Dosen Pembimbing |
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 1
SEMUEL SABAT - 195605151985031003 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Ketua Penguji
Samuel Sabat - 195605151985031003 - Penguji 1 Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Hau P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |