Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Materi Fungsi Komposisi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 4

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Materi Fungsi Komposisi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 4

XML

Multimedia interaktif berperan besar dalam dunia Pendidikan. Di era globalisasi multimedia membantu peserta didik dalam memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan tidak monoton nampaknya memberikan dampak yang baik terhadap hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar khususnya pada materi fungsi komposisi di SMAN 4 Kupang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan faktrorial desain 2 x 2 (kelas multimedia vs kelas non multimedia) x (laki – laki vs perempuan). Sampel pada penelitian ini ialah peserta didik kelas X IPA sebanyak 56 orang yang terdiri dari laki – laki sebanyak 24 orang dan perempuan sebanyak 32 orang. Penelitian melibatkan 3 tahap: pretest, kegiatan pembelajaran dan posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan kenaikan rata rata- rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 36,25 dengan kategori N-gain sedang sementara itu kenaikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 49.31 dengan kategori N-gain tinggi. Hasil perhitungan analisa data menggunakan two way Anova menunjukan tidak terdapat interaksi antara faktor metode belajar dan jenis kelamin dengan nilai signifikasi 0,413>0,05, uji efek faktor gender menunjukan nilai signifikasi 0,821 > 0,05 artinya tidak ada efek faktor gender pada jenis kelamin. Terakhir, uji pengaruh kelas eksperimen vs kelas kontrol menunjukan terdapat pengaruh multimedia terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan perhitungan nilai signifikasi 0,000 < 0,05.
Kata Kunci : Multimedia interaktif, Hasil Belajar, Jenis Kelamin


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1901030040
Dosen Pembimbing
Christine K Ekowati - 196409171990032001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Christine K. Ekowati - 196409171990032001 - Ketua Penguji
Dr.Damianus Dao samo - 1983123120121003 - Penguji 1
Irna K. S. Blegur - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 PET P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA