EVALUASI PENANGANAN MASALAH SAMPAH OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN KEBERSIHAN KOTA KUPANG (Studi Kasus Kelurahan Bello Kecamatan Maulafa)

Detail Cantuman

Skripsi

EVALUASI PENANGANAN MASALAH SAMPAH OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN KEBERSIHAN KOTA KUPANG (Studi Kasus Kelurahan Bello Kecamatan Maulafa)

XML

Nofriance Banamtuan. “Evaluasi Penanganan Masalah Sampah Oleh Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Kupang (Studi Kasus Kelurahan Bello Kecamatan Maulafa Kota Kupang)”. PembimbingDra. Jeni J. Therik, M.Si dan Alfred O. Ena Mau, S.Sos.,M.Si.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis evaluasi penanganan sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang di kelurahan Bello. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil informan pelaksana dan sasaran kebijakan secara purposif. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa penanganan sampah sudah dilaksanakan tetapi belum maksimal karena terdapat permasalahan dalam kriteria evaluasi seperti input, proses, dan output. Dalam hal ini kurangnya ketersediaan sarana prasarana, serta kurangnya petugas atau tenaga yang beroperasional dalam pengangkutan sampah. Sedangkan dalam proses pemilhan, pengumpulan, dan pengangkutan, terdapat masyarakat ada yang sudah memahami bagaimana proses penanganan sampah, dan ada juga yang belum memahami. Dan pada output, terdapat perilaku masyarakat dalam memahami penanganan sampah serta kebersihan lingkungan yang belum baik. Rekomendasi yang diberikan yakni diharapkan pemerintah lebih perduli terhadap penanganan sampah yang sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam Perda Kota Kupang Nomor 03 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Penanganan sampah Sejenis Rumah Tangga serta memberikan sosialisasi bagi masyarakat, dan masyarakat juga harus memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya kebersihan lingkungan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NOFRIANCE Y. BANAMTUAN - Personal Name
Student ID
1903010034
Dosen Pembimbing
ALFRED OMRI ENA MAU - 198104272006041002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dra. Jeni J. Therik, M.Si - - Ketua Penguji
Alfred O. Ena Mau - 198104272006041002 - Penguji 1
Dr.Petrus Kase M.Soc.So - 196208091988031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Ban E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA