Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Aktivitas “Du Hope Gelu Gafe” Di Pasar Wulandoni Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Aritmatika Sosial Di SMPK Sta. Theresia Lamahora Kabupaten Lembata

Detail Cantuman

Skripsi

Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Aktivitas “Du Hope Gelu Gafe” Di Pasar Wulandoni Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Aritmatika Sosial Di SMPK Sta. Theresia Lamahora Kabupaten Lembata

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang dipengaruhi oleh penggunaan pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran di kelas yang tidak sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial dengan menerapkan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada siswa kelas VII SMPK Sta. Theresia Lamahora Kabupaten Lembata.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mengacu pada model Kemmis & Mc Taggrat yang dilaksanakan dalam empat pertemuan yang mana terbagi dalam dua siklus dengan satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Siklus pertama dilaksanakan pada 09 Januari 2023 – 12 Januari 2023 dan siklus kedua dilaksanakan pada 19 Januari 2023 – 23 Januari 2023. Kedua siklus ini dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu; Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas VII A SMPK Sta. Theresia Lamahora. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes hasil belajar dan kuisioner respon siswa, sedangkan teknik analisis data dan hasil secara deskriptif kualitatif dan secara kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebagai berikut: 1) hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan ditandai dengan persentase ketuntasan kelas yang meningkat dari 66,6% menjadi 93,3% ; 2) nilai keterlaksanaan observasi aktivitas guru yang meningkat dari 95,6% menjadi 97,2% ; 3) dan data observasi aktivitas siswa meningkat dari 92,1% menjadi 97,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa terjadi peningkatan setelah menerapkan pembelajaran matematika realistic berbasis aktivitas Du Hope Gelu Gafe di kelas VII SMPK Sta. Theresia Lamahora Kabupaten Lembata.

Kata Kunci : Etnomatematika, Aktivitas Du Hope Gelu Gafe, Aritmatika Sosial, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika Realistik


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ELISABETH GUNU LYANY - Personal Name
Student ID
1901030070
Dosen Pembimbing
Patrisius Afrisno Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Magdalena Wangge, M.Pd - 19930315 201903 2 026 - Ketua Penguji
Dr. Wara Sabon Dominikus, M.Sc - 19670804 199303 1 003 - Penguji 1
Patrisius Afrisno Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Lya P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA