Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Kupang

XML

Perkembangan zaman yang modern ini, manusia semakin tidak terhindar dari perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini menunjukkan bahwa dunia telah memasuki era globalisasi. Hal ini membuat aktivitas manusia selalu bergantung dengan teknologi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan Articulate Storyline 3 pada materi relasi dan fungsi untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Kupang yang valid, praktis, dan efektif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dan model yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android pada materi relasi dan fungsi yang telah dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Untuk aspek valid, diperoleh rata-rata total kevalidan dari 3 ahli materi adalah 4.37 dan dari 3 ahli media adalah 4.38, sehingga termasuk dalam kategori “valid”. Untuk aspek praktis, diperoleh rata-rata total kepraktisan pada ujicoba skala kecil sebesar 4.72 dalam kategori “praktis” dan untuk aspek efektif, persentase ketuntasan belajar menggunakan media pembelajaran diperoleh hasil 100%. Pada ujicoba kepraktisan pada ujicoba skala besar dari guru mata pelajaran adalah 4.5 dan dari peserta didik adalah 4.63, sehingga termasuk dalam kategori “praktis”. Untuk aspek efektif, persentase ketuntasan belajar menggunakan media pembelajaran diperoleh hasil 83.33% sehingga media pembelajaran termasuk dalam kategori “sangat efektif”. Dengan demikian, media pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Berbasis Android, Articulate Storyline 3, Relasi dan Fungsi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Pance Ronaldi Solo - Personal Name
Student ID
1901030002
Dosen Pembimbing
Ofirenty E. Nubatonis, M.Pd - 19861029 201903 2 010 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Ketua Penguji
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Penguji 1
Patrisius A. Udil, M.Pd-19930911 201903 1 020 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Sol P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA