Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Tarian Ledo Hawu dan Budaya Tarian Ped’oa Masyarakat Sabu di Kecamatan Raijua dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika

Detail Cantuman

Skripsi

Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Tarian Ledo Hawu dan Budaya Tarian Ped’oa Masyarakat Sabu di Kecamatan Raijua dan Integrasinya dalam Pembelajaran Matematika

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika dalam budaya tarian Ledo Hawu dan tarian Ped’oa masyarakat Sabu di Kecamatan Raijua dan konsep matematika terkait serta mengembangkan perangkat pembelajaran untuk beberapa konsep matematika yang ditemukan. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Raijua Kabupaten Sabu Raijua, dengan subjek penelitian sebanyak tujuh orang. Jenis penelitiannya kualitatif-eksploratif dengan desain etnografi. Peneliti sebagai instrumen utama berperan mengumpulkan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisi data menggunakan karakteristik-karakteristik etnomatematika dengan berlandaskan pada model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat etnomatematika dalam budaya tarian Ledo Hawu dan budaya tarian Ped’oa meliputi aktivitas menghitung, melokalisir, merancang dan menjelaskan. Dari aktivitas-aktivitas tersebut, maka dapat diidentifikasi konsep-konsep matematika di dalamnya. Konsep matematika dalam budaya tarian Ledo Hawu meliputi konsep penjumlahan, perkalian, geometri, barisan aritmatika, pola bilangan, kesejajaran, relasi dan fungsi, transformasi geometri, dan logika matematika. Sedangkan konsep matematika dalam budaya tarian Ped’oa meliputi konsep perkalian, geometri, pola bilangan, transformasi geometri, dan logika matematika. Dengan demikian, berbagai konsep matematika ini dapat dikembangkan dengan merancang perangkat pembelajaran. Pada penelitian ini, konsep transformasi geometri yang terdapat pada tarian Ledo Hawu dan konsep geometri yang terdapat pada tarian Ped’oa dipilih untuk dirancang sebagai salah satu contoh perangkat pembelajaran.
Kata Kunci: Etnomatematika, Etnografi, Budaya Lokal, Konsep Matematika, Pembelajaran Matematika


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Paul Erikson Wada Wiri - Personal Name
Student ID
1901030004
Dosen Pembimbing
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
Patrisius Afrisno Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Ketua Penguji
Patrisius Afrisno Udil - 19930911 201903 1 020 - Penguji 1
Ofirenty Elyada Nubatonis,M.Pd- 19861029 201903 2 010 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Wir E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA