PERAN DAN KENDALA PEREMPUAN PETANI SINGLE PARENT DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN KELUARGA (Studi kasus Di Dusun III Kotera, Desa Mareda Kalada, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya).

Detail Cantuman

Skripsi

PERAN DAN KENDALA PEREMPUAN PETANI SINGLE PARENT DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN KELUARGA (Studi kasus Di Dusun III Kotera, Desa Mareda Kalada, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya).

XML

Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui peran dan kendala perempuan petani single parent dalam pemenuhan kebutuhan keluarga di Dusun III Kotera, Desa Mareda Kalada, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah Teori Peran. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 7 orang, yang terdiri dari kepala Desa, kepala Dusun, 5 orang masyarakat single parent yang terdapat di Dusun III, Desa Mareda Kalada. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa single parent merupakan tulang punggung dalam pemenuhan kebutuhan keluarga. Peran perempuan petani single parent dalam pemenuhan kebutuhan keluarga adalah 1). Bekerja di sektor pertanian sawah dan kebun, 2). Menjadi buruh tani, 3). Memelihara ternak kecil. Kendala yang di alami perempuan petani single parent dalam pemenuhan kebutuhan keluarga adalah 1). Terganggunya kesehatan, 2). Pesta adat yang membutuhkan biaya, 3). Gagal panen disektor pertanian sawah dan kebun, 4). Hama penyakit pada ternak kecil. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1). Peran perempuan petani single parent dalam pemenuhan kebutuhan keluarga di Dusun III Kotera, Desa Mareda Kalada mampu bekerja di sektor pertanian, menjadi buruh tani sebagai pekerjaan tambahan demi memperoleh upah kerja yang 2). Kendala-kendala yang dialami oleh perempuan petani single parent dalam pemenuhan kebutuhan keluarga antara lain terganggunya kesehatan, gagal panen di sawah maupun dikebun serta ternak kecil yang dipiara di serang penyakit. Adapun saran sebagai berikut 1). Bagi perempuan petani single parent diharapakan selain bekerja keras di sektor pertanian sawah dan kebun dan memelihara ternak kecil, tetapi juga harus memperhatikan pendidikan anak-anak, serta selalu memberikan dorongan motivasi, sehingga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu juga harus tetap menjalin kerja sama dengan pemerintah setempat agar apa yang menjadi harapan ole perempuan petani single parent dapat diwujudkan dengan campur tangan pemerintah setempat 2). Bagi pemerintah setempat perlu adanya kerja sama antara pihak terkait seperti perempuan petani single parent dan melakukan sosialisasi dalam masyarakat tentang pentingnya kesejahteraan dalam suatu wilayah dan berusah mencari jalan keluar untuk menciptaka lapangan pekerjaan baru. Selain itu juga pemerintah harus memperhatikan pendidikan anak-anak dari kalangan keluarga perempuan petani single parent agar tetap terpenuhi dengan memberikan beasiswa prestasi dan bahkan beasiswa jalur lain seperti dari Dinas Sosial.

Kata kunci ;


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1734030021
Dosen Pembimbing
BALKIS SORAYA TANOF - 196801301994032001 - Dosen Pembimbing 1
SUSANA C L PELLU - 197110222005012001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Balkis Soraya Tanof - 196801301994032001 - Ketua Penguji
Drs.Aris Lambe,M.Si - 196205021990031001 - Penguji 1
Susana C. L Pellu - 197110222005012001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 OLI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA