Pola Pembinaan Dalam Menanamkan Karakter Mandiri Anak Di Panti Asuhan Yayasan Sesamamu Wae Peca Desa Lalong Kecamatan Wae Ri'i Kabupaten Manggarai

Detail Cantuman

Skripsi

Pola Pembinaan Dalam Menanamkan Karakter Mandiri Anak Di Panti Asuhan Yayasan Sesamamu Wae Peca Desa Lalong Kecamatan Wae Ri'i Kabupaten Manggarai

XML

ABSTRAK
Murni, Yovita. 2021.Pola Pembinaan Dalam Menanamkan Karakter Mandiri Anak Di Panti Asuhan Yayasan Sesamamu Wae Peca Desa Lalong Kecamatan Wae Ri’iKabupaten Manggarai (Drs. Soleman Bully.,M.Si Sebagai Pembimbing I, Drs. Hendrikus Pous.,M.Si Sebagai Pembimbing II dan Dr.Dorcas Langgar.,M.Pd)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pola pembinaan dalam menanamkan karakter mandiri anak di panti asuhan yayasan Sesamamu Wae Peca Desa Lalong Kecamatan Wae Ri’i Kabupaten Manggarai, Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membina karakter mandiri anak di Panti Asuhan Yayasan Sesamamu Wae Peca Desa Lalong Kecamatan Wae Ri’i Kabupaten Manggarai. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pola pembinaan dalam menanamkan karakter mandiri anak di panti asuhan yayasan Sesamamu Wae Peca Desa Lalong Kecamatan Wae Ri’i Kabupaten Manggarai, dan Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam membina karakter mandiri anak di Panti Asuhan yayasan Sesamamu Wae Peca Desa Lalong Kecamatan Wae Ri’i Kabupaten Manggarai.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu meneliti suatu objek dengan menghimpun, menggambarkan dan menganalisis data dan fakta serta menarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian.Data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Ketua panti asuhan Yayasan Sesamamu Wae Peca, Para Pengasuh dan anak-anak panti asuhan Yayasan Sesamamu Wae Peca.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola pembinaan dalam menanamkan karakter mandiri anak di panti asuhan Yayasan Sesamamu Wae Peca dilakukan dengan 3 cara yaitu Pembelajaran, Pembiasaan dan Keteladanan. Melalui ketiga pola pembinaan yang dilakukan oleh pengasuh, anak-anak panti asuhan yayasan sesamamu Wae Peca menjadi mandiri. Dalam membina karakter mandiri anak di panti asuhan Yayasan Sesamamu Wae Peca terdapat beberapa faktor pendukung yaitu sarana dan prasarana serta fasilitas yang memadai, Dana yang memadai,hubungan dan komunikasi yang baik antara pengasuh dan anak-anak, pola makan yang sehat dan teratur sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya minat dan keseriusan anak-anak saat melakukan pekerjaanya, anak-anak juga berasal dari keluarga yang berbeda sehingga sikap dan perilakunya juga berbeda, untuk mengatasi hambatan yang terjadi pengasuh berupaya mencari solusi yang terbaik.
Kata kunci : Pola, Pembinaan, Karakter, Mandiri


Detail Information

Item Type
Penulis
Yovita Stiawati Murni - Personal Name
Student ID
1701070008
Dosen Pembimbing
Penguji
Drs. Soleman Bully, M.Si - 195609251985031004 - Ketua Penguji
Drs. Hendrikus Pous, M.Si - 196009081986011002 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Kue S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA