Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Problem Bassed Learning Dalam Pembelajaran Tentang IPA Materi Gaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD GMIT Nefo
XMLRumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Model Pembelajaran Problem Bassed Learning dalam Pembelajaran tentang IPA Materi Gaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD GMIT Nefo? Oleh karena rumusan masalah tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi gaya melalui model pembelajaran Problem Bassed Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan empat tahapan yakni: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Tes serta Refleksi dengan subjek penelitian terdiri dari 22 siswa kelas IV SD GMIT Nefo. Pengumpulan Data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD GMIT Nefo, Kabupaten Kupang. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 22 siswa yang tuntas pada siklus I terdapat 15 orang siswa (68%) karena berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran, aktif memberikan pertanyaan, serta aktif dalam menyampaikan pendapat dan turut serta mengambil kesimpulan saat pembelajaran berakhir. Sedangkan tidak tuntas sebesar 7 orang siswa (32%) karena guru kurang memberi penjelasan materi secara detail, guru kurang membantu siswa dalam berdiskusi dan menyelesaikan Lembar kerja peserta didik, serta siswa sendiri tidak aktif dalam pembelajaran dan tidak berkonsentrasi dalam pembelajaran. Selanjutnya siklus II dari 22 siswa semuanya mengalami peningkatan hasil belajar atau mendapatkan nilai tuntas (100%) karena guru dan siswa sama-sama bekerja sama dan lebih aktif dalam pembelajaran, serta siswa berkonsentrasi dengan baik selama pembelajaran. Oleh karena persentase ketuntasan hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (32%). Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa “Penggunaan Model Pembelajaran Problem Bassed Learning Dalam Pembelajaran Tentang IPA Materi Gaya Untuk dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD GMIT Nefo.
Kata Kunci : Model Problem Bassed Learning, Macam-Macam Gaya, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Fetri Anggryani Soru - Personal Name
|
Student ID |
1601140233
|
Dosen Pembimbing |
Silvester P. Taneo - 19601126 198803 1 005 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1 Fembriani - 19920213 201803 2 001 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 COS P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |