Penerapan Model Pembelajaran Problem Bassed Learning Dalam Pembelajaran Tentang IPA Materi Gaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD GMIT Nefo

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Problem Bassed Learning Dalam Pembelajaran Tentang IPA Materi Gaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD GMIT Nefo

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Model Pembelajaran Problem Bassed Learning dalam Pembelajaran tentang IPA Materi Gaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD GMIT Nefo? Oleh karena rumusan masalah tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi gaya melalui model pembelajaran Problem Bassed Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan empat tahapan yakni: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Tes serta Refleksi dengan subjek penelitian terdiri dari 22 siswa kelas IV SD GMIT Nefo. Pengumpulan Data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD GMIT Nefo, Kabupaten Kupang. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 22 siswa yang tuntas pada siklus I terdapat 15 orang siswa (68%) karena berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran, aktif memberikan pertanyaan, serta aktif dalam menyampaikan pendapat dan turut serta mengambil kesimpulan saat pembelajaran berakhir. Sedangkan tidak tuntas sebesar 7 orang siswa (32%) karena guru kurang memberi penjelasan materi secara detail, guru kurang membantu siswa dalam berdiskusi dan menyelesaikan Lembar kerja peserta didik, serta siswa sendiri tidak aktif dalam pembelajaran dan tidak berkonsentrasi dalam pembelajaran. Selanjutnya siklus II dari 22 siswa semuanya mengalami peningkatan hasil belajar atau mendapatkan nilai tuntas (100%) karena guru dan siswa sama-sama bekerja sama dan lebih aktif dalam pembelajaran, serta siswa berkonsentrasi dengan baik selama pembelajaran. Oleh karena persentase ketuntasan hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (32%). Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa “Penggunaan Model Pembelajaran Problem Bassed Learning Dalam Pembelajaran Tentang IPA Materi Gaya Untuk dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD GMIT Nefo.

Kata Kunci : Model Problem Bassed Learning, Macam-Macam Gaya, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Fetri Anggryani Soru - Personal Name
Student ID
1601140233
Dosen Pembimbing
Silvester P. Taneo - 19601126 198803 1 005 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Fembriani - 19920213 201803 2 001 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
fakultas keguruan dan ilmu pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 COS P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA