Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDK Oelolok Kabupaten TTU

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDK Oelolok Kabupaten TTU

XML

Penelitian ini diadakan di SDK Oelolok, Kabupaten TTU. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus 1 sebanyak 15 subjek yang diteliti maka yang tuntas pada siklus 1 yakni 6 orang siswa (40%) dikarenakan selalu memusatkan perhatian pada saat pembelajaran berlangsung, selalu aktif dalam kelas, percaya diri dalam menjawab pertanyaan yang di ajukan, tidak membuat keributan pada saat pembelajaran berlangsung dan dapat mengerjakan soal dengan benar atau tepat. Sedangkan 9 orang lainnya dari 15 subjek (60%) belum mencapai standar ketuntasan dikarenakan siswa kurang memusatkan perhatian, kurang aktif, kurang percaya diri, pasif saat guru memberikan pertanyaan, dan lama dalam memahami pelajaran serta hasil tesnya rendah, adapun kekurangan guru dalam proses pembelajaran seperti guru kurang fokus dalam menyampaikan materi yang di bawakan, belum mempersiapkan diri dan juga materi yang ingin diajarkan, dan tidak mengenal murid secara keseluruhan. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat yakni dari 15 subjek yang diteliti sudah mencapai standar kelulusan dengan persentase (100%) dikarenakan siswa sudah memahami pembelajaran secara baik, memusatkan perhatian saat pembelajaran, bekerja sama dalam kelompok, percaya diri dan tidak ragu dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.
Berdsarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran tema 5 subtema 1 pembelajaran 1 dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDK Oelolok Kabupaten TTU. Hal ini dibuktikan bahwa siklus II mengalami peningkatan dan selanjutnya semua data menunjukan seluruh siswa dapat mencapai nilai minimal ketuntasan, dengan demikian maka model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Model pembelajaran NHT, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SEKAR LARASATI - Personal Name
Student ID
1901140141
Dosen Pembimbing
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Penguji 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 LAR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA