PENGARUH PERAN KELUARGA, KEDISIPLINAN GURU, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA SMP NEGERI SATU ATAP NOEBAUN KECAMATAN OENINO KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Detail Cantuman

Tesis

PENGARUH PERAN KELUARGA, KEDISIPLINAN GURU, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA SMP NEGERI SATU ATAP NOEBAUN KECAMATAN OENINO KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

XML

Pendidikan karakter bertujuan untuk mendorong siswa berkembang secara maksimal dengan pribadi seutuhnya, sehingga bahagia kehidupan individunya, keluarga dan masyarakat. Pendidikan Karakter juga dipengaruhi oleh peran keluarga dimana keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama dan utama karena manusia mengalami proses pendidikan sejak lahir bahkan sejak dalam kandungan pertama kali adalah keluarga. Selain itu juga guru merupakan orang yang paling bertanggung jawab terhadap karakter anak disekolah, karena guru sebagai pelaku utama dalam penerapan program pendidikan di sekolah dimana Guru dipandang sebagai faktor determinan terhadap karakter siswa. Faktor lain yang cukup memberi pengaruh besar terhadap pembentukan karakter adalah lingkungan sekolah.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory (explanatory research). Ditinjau dari jenis dan analisis data dikategorikan dalam penelitian kuantitatif. Dari perhitungan statistik dan analisis data dapat disimpulkan bahwa variabel peran keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap karakter siswa dimana hasil dari pengolahan data diketahui bahwa t-statistic sebesar 1,968 yakni lebih besar dari t-tabel 1,96. Dengan demikian hipotesis pertama dalam penelitian ini diterima, dan dapat disimpulkan bahwa peran keluarga berpengaruh terhadap karakter siswa. Variabel kedisiplinan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap karakter siswa yang menunjukkan hasil dari pengolahan data diketahui bahwa t-statistic sebesar 2,561 yakni lebih besar dari t-tabel 1,96. Dengan demikian hipotesis kedua dalam penelitian ini diterima. Variabel lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap karakter siswa menunjukkan hasil dari pengolahan data diketahui bahwa t-statistic sebesar 2,248 yakni lebih besar dari t-tabel 1,96. Dengan demikian hipotesis ketiga dalam penelitian ini diterima. Variabel peran keluarga, kedisiplinan guru, dan lingkungan sekolah berpengaruh secara simultan terhadap karakter siswa dilihat dari pengolahan data hasil perhitungan R-Square menunjukkan bahwa nilai R-Square variabel karakter siswa adalah sebesar 0,401. Hal ini menunjukkan bahwa model dengan variabel endogen karakter siswa memiliki kekuatan prediksi pada kategori moderat. Berdasarkan dari pokok permasalahan serta latar belakang dan juga mengacu dari penelitian terdahulu dan didukung dengan olah data menggunakan aplikasi Sofwere smartPLS versi 4.0, dapat ditarik kesimpulan secara umum, yakni peran keluarga, kedisiplinan guru, ataupun lingkungan sekolah, sama-sama memiliki peran yang penting dalam proses pembentukan karakter siswa. Lingkungan yang positif akan memberikan kontribusi yang positif pula terhadap karakter siswa.

Kata kunci : Keluarga, Guru, Sekolah, Karakter


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Murianto - Personal Name
Student ID
2111060003
Dosen Pembimbing
Penguji
Hikmah - 196104091988031002 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 1
Uda Geradus - 195812311986031021 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87120
Edisi
Published
Departement
Pendidikan IPS
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
871.20 Mur P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA