Skripsi
Pengembangan Buku Ajar Menggunakan Teknik Faded Example pada Materi Turunan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Negeri 3 Kupang
XMLKemampuan berpikir matematis dapat diwujudkan melalui pembelajaran matematika. Dalam menunjang pembelajaran matematika yang efektif diperlukan buku ajar yang tepat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar menggunakan teknik faded example pada materi turunan yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar siswa SMA Negeri 3 Kupang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: tahap investigasi awal (prelimenary investigation); tahap desain (design); dan tahap realisasi/ konstruksi (realization/ construction); tahap tes, evaluasi, dan revisi (test, evaluation, and revision); dan tahap implementasi (implementation). Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa buku ajar yang dikembangakan dengan teknik faded example layak digunakan dalam pembelajaran pada materi turunan serta meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar peserta didik di kelas XI SMA Negeri 3 Kupang. Hasil kelayakan buku ajar diperoleh dari penilaian 3 orang ahli materi dengan rata-rata kevalidan 4.66 dan termasuk kategori “sangat valid”, respon guru mata pelajaran dengan rata-rata hasil respon 4.52, respon dari peserta didik kelas kecil adalah 4.6 dan kelas besar adalah 4.59 sehingga termasuk dalam kategori “sangat praktis”, serta presentase hasil ketuntaasan belajar kelas kecil diperoleh 100% dan kelas besar diperoleh hasil ketuntasan kelas 85.23% sehingga buku ajar dikategorikan “sangat efektif”. Selanjutnya dari hasil uji paried sample t-tes diperoleh harga sig. 0.00 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest (rata-rata = 45.53) dan postest (rata-rata = 81.59) sehingga terjadi peningkatan hasil belajar. Kemudian untuk kemandirian belajar peserta didik hasil uji paried sample t-tes diperoleh harga sig. 0.00 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kemandirian belajar sebelum menggunakan buku ajar (rata-rata = 49.97) dan hasil kemandirian belajar setelah menggunakan buku ajar (rata-rata = 88.62) sehingga terjadi peningkatan kemndirian belajar peserta didik setelah menggunakan buku ajar dengan teknik faded example.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Adit Nabuasa - Personal Name
|
Student ID |
1901030013
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Ketua Penguji
Dr.Damianus Dao Samo, M.Pd - 1983123120121003 - Penguji 1 Irna K. S. Blegur, M.Pd - 19931204 202012 2 015 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Nab P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |