PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA RUMAH ADAT KAMPUNG PRAI IJING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GEOMETRI DI SMP KATOLIK WAIKABUBAK

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA RUMAH ADAT KAMPUNG PRAI IJING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GEOMETRI DI SMP KATOLIK WAIKABUBAK

XML

Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang diakibatkan penerapan model pembelajaran di dalam kelas yang cenderung monoton, yang mana kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru sehingga sangat minim kontribusi siswa dalam pembelajaran yang terjadi di dalam kelas. Akibatnya pembelajaran matematika menjadi matapelajaran yang abstrak bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika pada rumah adat kampung Prai Ijing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi geometri pada siswa kelas VII C di SMP Katolik Waikabubak.

Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis & McTaggrat, dengan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VII C SMP Katolik Waikabubak yang berjumlah 28 orang siswa sejak tanggal 20 Januari – 28 Januari 2023. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini memiliki 4 tahapan yaitu 1) Perencanaan (planning); 2) Pelaksanaan tindakan (action); 3) Pengamatan (observasi); 4) Refleksi (reflection).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) berbasis etnomatematika pada rumah adat kampung Prai Ijing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi geometri di kelas VII C SMP Katolik Waikabubak. Hal ini ditandai dengan persentase jumlah siswa yang tuntas yaitu 60,7% pada siklus I meningkat menjadi 82,14% pada siklus II. Oleh karena itu, saran bagi guru-guru di Sumba untuk dapat menerapkan pendekatan pembelajaran ini di kelas.

Kata Kunci: Budaya, Geometri, Prai Ijing, Pembelajaran Matematika Realistik, Etnomatematika.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Agnes Monica Malo - Personal Name
Student ID
1901030042
Dosen Pembimbing
Patrisius Afrisno Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Irna K. S. Blegur, M.Pd - 19931204 202012 2 015 - Ketua Penguji
Dr. Wara Sabon Dominikus, M.Sc - 19670804 199303 1 003 - Penguji 1
Patrisius Afrisno Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Mal P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA