Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Di SD Inpres Naikoten 2 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Di SD Inpres Naikoten 2 Kota Kupang

XML

Penelitian dengan judul: “Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 di SD Inpres Naikoten 2 Kupang”. Rumusan masalah “apakah ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 di SD Inpres Naikoten 2 Kupang?”. Tujuan penelitian ini untuk menguji apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 di SD Inpres Naikoten 2 Kupang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, tes dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Teknik analisis data yaitu deskripsi kuantitatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa materi sifat-sifat cahaya kelas IV di SD Inpres Naikoten 2 Kota Kupang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 32 orang. Teknik dan instrumen pengumpulan data berupa tes dan lembar observasi keterlaksanaan model. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan uji hipotesis. Skripsi menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai KKM pada pembelajaran dengan menerapkan model Project Based Learning yaitu mencapai 85,50 lebih tinggi dari pada sebelum diberikan perlakuan yang hanya mencapai 46,50. Pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS versi 21 dilakukan dengan uji t yaitu uji Paired Sample T-Test. Diperoleh nilai sig.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model Project Based Learning terhadap hasil belajar IPA tentang sifat-sifat cahaya kelas IV di SD Inpres Naikoten 2 Kota Kupang.

Kata kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MELVIN YOHANIS ADOE - Personal Name
Student ID
1901140206
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala 19920430 202012 2 016 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
SOFIA G UN LALA - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 ADO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA