Strategi Bertahan Hidup Masyarakat Pesisir pada Musim Paceklik (Studi Kasus Desa Oepuah, Kecamatan Biboki Moenleu, Kabupaten Timor Tengah Utara)

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Bertahan Hidup Masyarakat Pesisir pada Musim Paceklik (Studi Kasus Desa Oepuah, Kecamatan Biboki Moenleu, Kabupaten Timor Tengah Utara)

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi masyarakat pesisir bertahan hidup pada musim paceklik dalam memenuhi kebutuhan hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pilihan rasional menurut James S. Coleman. Penelitian ini dilakukan terhadap nelayan Oebubun Desa Oepuah Khususnya RT 019, RT 020 dan RT 021. Informan dalam penelitian ini berjumlah 13 orang yang terdiri dari 11 orang berjenis kelamin laki-laki dan 2 orang berjenis kelamin perempuan. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling atau sampel bertujuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara mendalam dengan informan dan dokumentasi. Masyarakat nelayan menggunakan strategi aktif, strategi pasif dan strategi jaringan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif mendeskripsikan bagaimana strategi-strategi nelayan untuk bisa bertahan hidup pada musim paceklik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi aktif nelayan memperpanjang waktu kerja, yakni pada pagi hari, sore hari dan malam hari untuk bisa menambah penghasilan serta meningkatkan rutinitas pada saat musim paceklik, seperti ojek, berkebun, dan menjadi tukang bangunan pada waktu luang. Strategi pasif membiasakan hidup hemat/irit dengan cara mengurangi pemenuhan kebutuhan akan sandang, pangan dan papan. Strategi jaringan memanfaatkan relasi sosial, hubungan kekerabatan dengan para nelayan, pemilik modal, dan masyarakat sekitar/tetangga. Kesimpulan dalam penelitian ini menggambarkan bahwa kondisi sosial ekonomi kehidupan nelayan Oebubun pada saat musim paceklik tergolong sangat rendah dengan tingkat penghasilan yang tidak menentu. Strategi yang digunakan pada saat musim paceklik berlangsung, yakni strategi aktif, strategi pasif, strategi jaringan. Saran dalam penelitian ini adalah a) kepada nelayan diharapkan lebih berani mengambil alternatif yang lebih baik lagi meski memiliki resiko yang lebih besar. b) kepada pemerintah harus lebih memutuskan suatu kebijakan yang lebih berpihak kepada masyarakat pesisir dalam hal ini nelayan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Primus Monemnasi - Personal Name
Student ID
1403030006
Dosen Pembimbing
SYAMSURYADI - 195712111989011001 - Dosen Pembimbing 1
CHRISTINE ERIKA MEKA - 198501072008122004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Syamsuryadi - 195712111989011001 - Ketua Penguji
Chrisistomus S. Oiladang - 196302072000031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Mon S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA