TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP KEJAHATAN PENGANIAYAAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI WILAYAH KEPOLISIAN RESOR KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP KEJAHATAN PENGANIAYAAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI WILAYAH KEPOLISIAN RESOR KUPANG

XML

Asriani Jawa. “Tinjauan Kriminologis terhadap Kejahatan Penganiayaan yang dilakukan oleh Anak di Wilayah Kepolisian Resor Kupang”, Dibimbing oleh: Karolus K. Medan, sebagai Pembimbing I, dan Rosalind Angel Fanggi, sebagai Pembimbing II.

Anak yang melakukan perilaku negatif atau kejahatan setiap tahunnya hampir selalu ada karena buruknya pergaulan yang cenderung bebas sehingga anak muda sekali melakukan kejahatan, karena pengaruh lingkungan, serta usia anak yang cenderung labil dan belum bisa mengontrol emosinya. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah: Apakah faktor penyebab terjadinya kejahatan penganiayaan yang dilakukan oleh anak? dan Bagaimanakah upaya yang dilakukan oleh aparat kepolisian untuk menanggulangi kejahatan penganiayaan yang dilakukan oleh anak?
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris, dimana pada penelitian empiris yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara penelitian lapangan dan studi dengan kepustakaan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan perundang-undangan dan pendekatan fakta.
Hasil penelitian, (1.) Faktor penyebab anak melakukan kejahatan penganiayaan adalah karena: (a.) kurangnya kontrol dari keluarga dan masyarakat, (b.) kurang kontrol emosi dan karena mabuk. (2.) Upaya yang dilakukan oleh kepolisian ada tiga yaitu: (a.) Upaya Preemtif yaitu dengan cara pencegahan yang dilakukan oleh pihak kepolisian, dengan melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah dan di masyarakat dengan menanamkan nilai-nilai yang baik, serta melakukan pembinaan. (b.) Upaya preventif yaitu merupakan tindak lanjut dari upaya preemtif yang masi dengan pencegahan, yakni dengan melakukan patroli untuk memantau kegiatan-kegiatan yang dilakuka oleh anak atau ditempat-tempat perkumpulan anak-anak tersebut. (c.) Upaya represif yaitu dengan cara apabila telah terjadi tindak pidana/kejahatan yang tindakannya berupa penegakan hukum dengan menjatuhkan hukuman. Penulis menghimbau kepada keluarga, masyarakat, serta lembaga agar selalu berusaha dalam upaya pencegahan, keluarga memiliki peran penting dalam mendidik anak dengan memberikan nilai-nilai yang baik, serta memberikan perhatian kepada anak agar anak tidak tidak mudah melakukan kejahatan.

Kata kunci: Penganiayaan, Anak, Faktor Penyebab, Upaya Penanggulangan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Asriani Jawa - Personal Name
Student ID
1802010031
Dosen Pembimbing
KAROLUS KOPONG MEDAN - 196204221990031001 - Dosen Pembimbing 1
ROSALIND ANGEL FANGGI - 198112122005012002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nikolas Manu - 195805261987041001 - Ketua Penguji
Karolus Kopong Medan - 196204221990031001 - Penguji 1
Rosalind Angel Fanggi - 198112122005012002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 Jaw T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA