Pengaruh Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Aktivitas Manusia dalam Pemanfaatan Batuan Penyusun Litosfer SMAK Sint Carolus Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Aktivitas Manusia dalam Pemanfaatan Batuan Penyusun Litosfer SMAK Sint Carolus Kupang

XML

Lemahnya proses pembelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar akibat kurangnya minat peserta didik untuk belajar geografi karena guru kurang mampu mengondisikan kelas dengan baik dan tidak menggunakan strategi pembelajaran yag dapat membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar Geografi pada materi pokok Aktivitas Manusia dalam Pemanfaatan Batuan Penyusun Litosfer pada kelompok eksperimen dan kelonpok kontrol di SMAK Sint Carolus Kupang (2) mengetahui pengaruh media pembelajaran permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi pokok aktivitas manusia dalam pemanfaatan batuan penyusun litosfer di SMAK Sint Carolus Kupang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAK Sint Carolus Kupang yang berjumlah 40 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri 20 siswa kelompok eksperimen dan 20 siswa kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari 20 soal berbentuk pilihan ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata pretest siswa yang menggunakan media pembelajaran permainan ular tangga adalah 64,00 dengan persentase ketuntasan hasil belajar hanya mencapai 40% dan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah adalah 55,00 dengan persentase ketuntasan hasil belajar hanya mencapai 15%. Sedangkan rata-rata hasil belajar posttest siswa yang menggunakan media pembelajaran permainan ular tangga adalah 81,00 dengan persentase ketuntasan hasil belajar mencapai 100% dan rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode ceramah adalah 69,75 dengan persentase ketuntasan hasil belajar mencapai 65%. Hasil hipotesis menggunakan uji paired sample test, dimana hasil perhitungan diperoleh nilai sig. 2- tailed sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan sebelum diberlakukan media pembelajaran permainan ular tangga (pretest) dan setelah diberlakukan media pembelajaran permainan ular tangga (posttest) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aktivitas Manusia dalam Pemanfaatan Batuan Penyusun Litosfer.
Kata Kunci: Pengaruh, Permainan Ular Tangga, Litosfer, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1801100010
Dosen Pembimbing
Muhammad Husain Hasan, S.Pd, M.Pd. - 19880602 2019031012 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Bella T. T. Pamungkas - 199209042019031017 - Ketua Penguji
Muhammad Husain Hasan - 198806022019031012 - Penguji 1
Sukmawati - 19890917 202203 2 006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Geografi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 Sel P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA