Skripsi
Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Motivasi Belajar Fisika Siswa Materi Usaha Dan Energi Di SMAN 2 Kupang Timur
XMLPenelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh positif yang signifikan penerapan model PBL berdiferensiasi terhadap motivasi belajar fisika siswa, dan perbedaan peningkatan motivasi belajar fisika siswa dengan model PBL berdiferensiasi lebih tinggi dari penerapan model PBL. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 3 SMA Negeri 2 Kupang Timur. Jenis penelitiannya adalah kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 69 orang siswa. Dalam penelitian ini, siswa mengisi kuesioner sebagai pretest sebanyak 15 butir pernyataan. Kemudian, siswa mengikuti pembelajaran dengan model PBL berdiferensiasi dan dilanjutkan dengan pengisian koesioner sebagai posttest.Selanjutnya data yang didapat dianalisis menggunakan uji dua pihak dan uji pihak kanan. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan nilai sig.2-tailed lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu (0,010 < 0,05) dan nilai nilai mean posttest siswa pada kelas eksperimen 11,97 dan nilai mean posttest siswa pada kelas kontrol 7,37 dengan nilai sig.2-tailed adalah 0,000. Dengan demikian, terdapat pengaruh positif yang signifikan penerapan model PBL berdiferensiasi terhadap motivasi belajar siswa dan terdapat perbedaan motivasi belajar siswa penerapan PBL berdiferensiasi lebih tinggi dari model PBL. Hal ini terjadi karena pembelajaran dengan model PBL berdiferensiasi lebih mengutamakan kebutuhan belajar setiap siswa.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Urbanus Fanu Mona - Personal Name
|
Student ID |
1901050058
|
Dosen Pembimbing |
KADEK AYU ASTITI - 198809282014042002 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Amiruddin Supu - 196703111994031001 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Submitted
|
Departement |
Universitas Nusa Cendana
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Nusa Tenggara Timur., 2023 |
Edisi |
Submitted
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 Kue S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |