Kedudukan Dan Fungsi Majelis Permusyawaratan Rakyat Dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia

Detail Cantuman

Skripsi

Kedudukan Dan Fungsi Majelis Permusyawaratan Rakyat Dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia

XML

Majelis Permusyawaratan Rakyat merupakan satu lembaga negara utama dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang diatur dalam UUD RI 1945 disamping lembaga-lembaga negara lain. Sebelum UUD 1945 diamandemen, MPR berkedudukan sebagai lembaga tertinggi negara, dan pelaksana sepenuhnya kedaulatan rakyat, dan kekusaannya tidak terbatas. Perubahan UUD 1945 telah menyebabkan terjadinya pergeseran sistem ketatanegraan Indonesia. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dikemukakan rumusan masalah sebagai berikut (1) Bagaimanakah kedudukan dan fungsi MPR dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia? (2) Bagaimanakah implikasi kedudukan dan fungsi MPR terhadap Sistem Ketatanegaraan Indonesia?
Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif untuk memberikan data secara bermutu dan mendalam sesuai dengan lingkup penelitian serta tidak ada bagian yang terlupakan. Penelitian yang dilakukan dengan cara mengkaji peraturan perundang-undangan dan bahan pustaka yang berlaku atau diterapkan terhadap permasalahan tertentu dalam penelitian ini.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan: (1) Kedudukan Dan Fungsi Majelis Permusyawaratan Rakyat Dalam Sistem Ketatanegraan Indonesia(a) Kedudukan MPR (b) Kedudukan MPR Sebelum Amandemen (c) kedudukan MPR Setelah Amandemen (d) Fungsi MPR Dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia Sebelum Amandemen (e) Fungsi MPR Dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia Setelah Amandemen (2) Implikasi Kedudukan dan Fungsi MPR Terhadap Sistem Ketatanegaraan Indonesia (a) Implikasi Kedudukan MPR Setelah Amandemen (b) Implikasi Fungsi MPR Setelah Amandemen. Dari penelitian yang sudah dilakukan maka penulis memberi saran terkait masalah tersebut adalah Perlu adanya amandemen terhadap UUD NRI Tahun 1945 dengan melibatkan para ahli hukum, khususnya para pakar hukum tata negara agar nanti substansi yang hendak disusun MPR dapat memiliki kualitas yang baik dan dalam pengambilan kebijakan tentang perumusan UUD NRI Tahun 1945 benar-benar mempersentasikan rakyat Indonesia, seperti yang dicita-citakan oleh para Founding Father Indonesia.
Kata Kunci: Kedudukan dan fungsi MPR, implikasi MPR terhadap sistem ketatanegaraan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ALDIANUS SUBANG ILALEIN - Personal Name
Student ID
1802010321
Dosen Pembimbing
KOTAN Y STEFANUS - 196012271987021001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dr. Kotan Y Stefanus,S.H., M.Hum - 196012271987021001 - Ketua Penguji
Hernimus Ratu Udju, S.H.,M.H - 19610428 198901 1 001 - Penguji 1
Rafael R Tupen - 196404201992031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 ILA K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA