KESADARAN DAN KEPEDULIAN MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) DI KELURAHAN BONIPOI KECAMATAN KOTA LAMA KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

KESADARAN DAN KEPEDULIAN MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) DI KELURAHAN BONIPOI KECAMATAN KOTA LAMA KOTA KUPANG

XML

Ifan Aida Nurawi : Kesadaran Dan Kepedulian Masyarakat Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB) Di Kelurahan Bonipoi Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang. Dimbimbing oleh Dr. Hendrik Toda., M.Si. dan Adriana Rodima Fallo.,S.H., M.Si.

Dengan latar belakang sebagai berikut Pajak PBB adalah bagian dari salah satu faktor pemasukan untuk negara terutama pada pemerintah daerah yang pontensial dan juga berkonstribusi pada suatu pendapatan daerah, oleh karena itu dalam pelaksanaan pemungutan pajak bumi dan bangunan masih sangat banyak masyarakat yang tidak sadar atas hak dan kewajiban dalam membayar pajak. Hal yang demikian disebabkan karena masih sangat rendahnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat dalam membayar pajak.Kesadaran masyarakat sebagai wajib pajak dalam membayar pajak akan meningkat jika dalam masyarakat timbul persepsi positif terhadap pajak.
Rumusan masalah yaitu bagaimana tingkat kesadaran masyarakat Kelurahan Bonipoi dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana penelitian ini tidak berdasarkan atau menggunakan analisis statistika dimulai dengan mengumpulkan dan menyaring data serta keterangan yang masuk berupa non angka dengan menggunakan wawancara.
Hasil Penelitian menunjukkan Indikator aspek yuridis terdari dari pendaftaran wajib pajak, pengisian SPPT, Perhitungan pajak dan Pembayaran pajak. Mengenai laporan perkembangan penyampaian SPT secara presentase yang diisi secara benar dan tidak benar, serta laporan perkembangan penyampaian angsuran berdasarkan perkembangan SPT terhadap wajib pajak. Peneliti memberikan pertanyaan yaitu : Pengisian SPPT, Perhitungan paja.
Aspek Psikologis yakni Indikator aspek psikologis terdari dari tiga sub indikator yaitu penyuluhan, pelayanan dan pemeriksaan. Terkait pertanyaan tentang penyuluhan yang pernah dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar PBB. Peneliti menanyakan pertanyaan sebagai berikut : Penyuluhan, Pelayanan, Pemeriksaan Pajak.
Aspek Sosiologis yakni terdiri dari beberap indikator, Kebijakan publik merupakan serangkaian tindakan yang ditetapkan oleh pemerintah yang mempunyai tujuan tertentu berkenaan dengan masalah tertentu yang diorientasikan pada penyelesaian masalah publik, Kebijakan Fiskal, Kebijakan Perpajakan, Administrasi Perpajakan.
Kesimpulan sebagai berikut : Dapat disimpulkan bahwa kepatuhan masyarakat Kelurahan Bonipoi dalam membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) masih belum optimal. Hal ini dikarenakan masih kurangnya kesadaran masyarakat Kelurahan Bonipoi akan pentingnya membayar PBB sebagai bentuk kewajiban.

Kata Kunci : Kesadaran Dan Kepedulian Masyarakat Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
IFAN AIDA NURAWI - Personal Name
Student ID
1603010103
Dosen Pembimbing
HENDRIK TODA - 198312042009121005 - Dosen Pembimbing 1
ADRIANA RODINA FALLO - 197403062009122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hendrik Toda - 198312042009121005 - Ketua Penguji
Adriana Rodina Fallo - 197403062009122001 - Penguji 1
Made Ngurah Demi Andayana - 197010292009121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
FISIP
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Nur K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA