Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika pada Rumah Adat (Mbaru Niang) Manggarai untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang di Kelas IX SMP Negeri 2 Langke Rembong

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika pada Rumah Adat (Mbaru Niang) Manggarai untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang di Kelas IX SMP Negeri 2 Langke Rembong

XML

Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah model pembelajaran yang cenderung bersifat ceramah yang dilakukan guru di kelas IX H SMP Negeri 2 Langke Rembong pada materi Bangun Ruang. Akibatnya pelajaran matematika menjadi pelajaran yang abstrak bagi siswa sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika pada Rumah Adat (Mbaru Niang) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kelas IX H SMP Negeri 2 Langke Rembong.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengacu pada model Kemmis & McTaggrat, yang dilaksanakan dalam proses berdaur (siklus) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu 1) Perencanaan (planning); 2) Pelaksanaan tindakan (action); 3) Pengamatan (observasi); 4) Refleksi (reflection). Teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes sedangkan analisi datanya berupa menghitung presentase ketuntasan siswa dan skor hasil observasi. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IX H SMP Negeri 2 Langke Rembong yang berjumlah 30 orang siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) berbasis Etnomatematika pada Rumah Adat (Mbaru Niang) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kelas IX H SMP Negeri 2 Langke Rembong. Hal ini ditandai dengan presentase jumlah siswa yang tuntas yaitu 73,33% pada siklus I meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Pada hasil observasi guru dan observasi aktivitas siswa juga sangat baik dimana diperoleh skor 100 untuk setiap siklus baik observasi guru maupun aktivitas siswa.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ignasius Ambur Dauk - Personal Name
Student ID
1901030048
Dosen Pembimbing
Wara Sabon Dominikus,M.Sc - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
Juliana M. H. Nenohai, M.Pd - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Siprianus Suban Garak, M.Sc - 196512311992031027 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Dau P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA