Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDK DON BOSKO 1
XMLTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPS pada materi interaksi manusia dengan lingkungan di SDK Don Bosko 1 Kota Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi kegiatan guru pada siklus I guru belum membentuk kelompok heterogen, guru belum membimbing siswa dalam diskusi dan guru belum menguasai kelas sehingga proses pembelajaran belum berjalan maksimal dan pada siklus II Proses pembelajaran telah berjalan secara maksimal. Kemudian hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan bahwa siswa belum aktif dalam diskusi, siswa terlihat bermain dan ada siswa yang mengganggu teman lain dan pada siklus II terlihat siswa sudah aktif
dalam berdiskusi. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 72,46 dengan persentase kelulusan sebesar 52,17% dan pada siklus II sebesar 84,93 dengan persentase ketuntasan sebesar 86,96%.Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran IPS tema 6 subtema 1 pembelajaran 3 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model Jigsaw; Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
PAULUS YOHANIS ADU - Personal Name
|
Student ID |
1901140269
|
Dosen Pembimbing |
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala 19920430 202012 2 016 - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Maxsel Koro, M.Pd_NIP. 19901118 201903 1 007 - - Ketua Penguji
Sofia G. Un Lala, M.Pd_NIP. 19920430 202012 2 016 - - Penguji 1 Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Adu P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |