Penerapan Model Kooperatif Type Talking Stick Dalam Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SD Kristen Generasi Unggul Oesao

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Kooperatif Type Talking Stick Dalam Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SD Kristen Generasi Unggul Oesao

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif type talking stick di kelas IV SD Kristen Generasi Unggul Oesao. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Kristen Generasi Uggul Oesao dengan jumlah siswa 14 orang yang terdiri dari 6 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes tertulis dan teknik dokumentasi. Data dari hasil penelitian, akan dianalisis secara deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kristen Generasi Unggul Oesao dengan hasil penelitian pada siklus I dari 14 orang peserta didik yang memperoleh nilai 80-100 yaitu 2 orang (14%), yang memperoleh nilai 61-79 yaitu 4 orang (29%), yang memperoleh nilai 41-60 yaitu 8 orang (57%), hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu guru hanya menjelaskan materi dan tidak disertai dengan contoh nyata di kehidupan siswa sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi. Sedangkan pada Siklus II peneliti mulai melakukan perbaiakan dalam pembelajaran sehingga nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 80, dimana 13 orang memperoleh nilai diatas dari 80-100 dan 1 orang memperoleh nilai 67. Berdasarkan hasil penelitian tersebut terlihat bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif type talking stick di kelas IV SD Kristen Generasi Unggul Oesao.
Kata kunci: Type Talking Stick, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ALICIA ARANISCA MAMIK - Personal Name
Student ID
1901140338
Dosen Pembimbing
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 MAM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA