Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Atas Berdasarkan Sistem Zonasi Di Kota Kupang (Studi Kasus Di SMA Negeri 3 Kupang Dan SMA Negeri 6 Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Atas Berdasarkan Sistem Zonasi Di Kota Kupang (Studi Kasus Di SMA Negeri 3 Kupang Dan SMA Negeri 6 Kupang)

XML

Charles Adizone Benu. “Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Atas Berdasarkan Sistem Zonasi di Kota Kupang (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Kupang dan SMA Negeri 6 Kupang).” Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Dibimbing oleh Dr. Nursalam, M.Si., dan Alfred O. Ena Mau, S.Sos., M.Si. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru berdasarkan sistem zonasi di Kota Kupang (Studi kasus di SMA Negeri 3 Kupang dan SMA Negeri 6 Kupang). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan lebih banyak bersifat uraian dari hasil wawancara dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 17 orang dengan teknik penentuan informan dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Dalam menganalisis masalah penulis mengaitkan dengan konsep model implementasi Donald S. Van Meter dan Carl E. Van Horn, karena memfokuskan pada variabel - variabel, yaitu standar dan sasaran kebijakan, sumberdaya, karakteristik agen pelaksana, komunikasi antar organisasi, disposisi, serta lingkungan sosial, ekonomi, dan politik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan zonasi dalam PPDB agar dapat terciptanya pemerataan kualitas di setiap sekolah, dan pendekatan pelayanan agar peserta didik tidak mengakses sekolah yang terlalu jauh, dapat menghadirkan pemerataan akses dan layanan pendidikan, serta dapat mengakhiri ketidakadilan akses pendidikan dan persepsi dalam masyarakat tentang sekolah favorit atau unggul dan sekolah tidak favorit, walaupun masih ada kendala, yakni adanya kecamatan lain yang belum ada akses pendidikan karena penyebaran sekolah yang tidak berimbang dengan kepadatan penduduk, adanya peserta didik yang mempunyai kehendak atau niat belajar rendah karena menganggap bisa masuk/diterima karena rumahnya dekat sekolah atau karena berada pada zonasi.

Kata kunci: Implementasi, PPDB, Sistem Zonasi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
CHARLES ADIZONE BENU - Personal Name
Student ID
1603010241
Dosen Pembimbing
NURSALAM - 196410091991031001 - Dosen Pembimbing 1
ALFRED OMRI ENA MAU - 198104272006041002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nursalam - 196410091991031001 - Ketua Penguji
Alfred O. Ena Mau - 198104272006041002 - Penguji 1
Dominikus Fernandes - 196007191988031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 BEN I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA