Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas V SD GMIT No 07 Oebufu Kota Kupang
XMLPenelitian ini betujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui modelProblemBasedLearningdikelasvSDGMITNo07OebufuKotaKupangtahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD GMIT No 07, sebanyak 29 orang siswa yaitu terdiri 15 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I nilai rata-rata kelas 48,27 meningkat menjadi 86,72 pada siklus II. Hal ini berarti terdapat peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II yaitu 38,45. Presentase ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan yaitu 3,45% pada siklus I menjadi 86,21% pada siklus II dengan peningkatan persentase sebesar 82,76%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 42,75 menjadi 81,37 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 38,62. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Hasil Belajar, Model Problem Based Learning.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
NOFRIANA AMBONE - Personal Name
|
Student ID |
1901140365
|
Dosen Pembimbing |
ANGELIKUS NAMA KOTEN - 196109161987021001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1 Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 AMB P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |