Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) Terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV Di SD GMIT Noemuke Kabupaten TTS

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) Terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV Di SD GMIT Noemuke Kabupaten TTS

XML

Skripsi oleh Jean Melrizani Nikita Thon, nim 1601140160 (2021) dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV Di SD GMIT Noemuke”. Masalah penelitian ini yakni apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV di SD GMIT Noemuke? Dengan tujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV di SD GMIT Noemuke. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data secara kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experimental Design jenis One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan dokumentasi. Jumlah responden yakni 18 siswa dengan rincian 12 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik analisis datanya menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis.
Penelitian ini diadakan di SD GMIT Noemuke dengan hasil penelitian menunjukkan perolehan pada Hasil perhitungan validitas menunjukkan nilai r_hitung untuk setiap butir soal lebih besar dari r_tabel (0,468) sehingga instrument soal yang digunakan mendapatkan data valid. Hasil perhitungan reliabilitas butir soal dengan menggunakan rumus KR20 diperoleh r_11=0,893 sehingga instrument soal tersebut dinyatakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil perhitungan uji normalitas data pretest = 5,627<9,488 sedangkan data posttest = 9,310<9,488. Diketahui bahwa data pretest dan posttest hasil belajar siswa memiliki nilai 〖x^2〗_hitung< 〖x^2〗_(tabel,) sehingga data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji hipotesis diperoleh t_hitung=10,376 sedangkan〖 t〗_tabel = 2,110. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t_hitung>t_tabel maka H_o ditolak dan H_a diterima.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas maka disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV di SD GMIT Noemuke.



Kata Kunci : Experiential Learning dan Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1601140160
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tho P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA