Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) Terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV Di SD GMIT Noemuke Kabupaten TTS
XMLSkripsi oleh Jean Melrizani Nikita Thon, nim 1601140160 (2021) dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV Di SD GMIT Noemuke”. Masalah penelitian ini yakni apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV di SD GMIT Noemuke? Dengan tujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV di SD GMIT Noemuke. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data secara kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experimental Design jenis One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan dokumentasi. Jumlah responden yakni 18 siswa dengan rincian 12 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik analisis datanya menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis.
Penelitian ini diadakan di SD GMIT Noemuke dengan hasil penelitian menunjukkan perolehan pada Hasil perhitungan validitas menunjukkan nilai r_hitung untuk setiap butir soal lebih besar dari r_tabel (0,468) sehingga instrument soal yang digunakan mendapatkan data valid. Hasil perhitungan reliabilitas butir soal dengan menggunakan rumus KR20 diperoleh r_11=0,893 sehingga instrument soal tersebut dinyatakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil perhitungan uji normalitas data pretest = 5,627<9,488 sedangkan data posttest = 9,310<9,488. Diketahui bahwa data pretest dan posttest hasil belajar siswa memiliki nilai 〖x^2〗_hitung< 〖x^2〗_(tabel,) sehingga data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji hipotesis diperoleh t_hitung=10,376 sedangkan〖 t〗_tabel = 2,110. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t_hitung>t_tabel maka H_o ditolak dan H_a diterima.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas maka disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV di SD GMIT Noemuke.
Kata Kunci : Experiential Learning dan Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Jean Melrizani Nikita Thon - Personal Name
|
Student ID |
1601140160
|
Dosen Pembimbing |
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1 Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Tho P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |