Implementasi Pemasaran Sosial Era Rebranding Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (Studi Etnografi Virtual Pada Akun YouTube BKKBN Official)

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Pemasaran Sosial Era Rebranding Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (Studi Etnografi Virtual Pada Akun YouTube BKKBN Official)

XML

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memutuskan untuk melakukan pembaharuan merek (rebranding) dengan menargetkan pada generasi baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang penyebab dan tujuan dari rebranding, perubahan-perubahan, serta implementasi pemasaran sosial yang dilakukan oleh BKKBN era rebranding melalui akun YouTube BKKBN Official. Hasil penelitian menunjukan bahwa rebranding yang dilakukan oleh BKKBN dilatarbelakangi oleh perubahan target sasaran yakni generasi milenial dan generasi zilenial, dengan tujuan untuk mengenalkan gaya hidup berencana sejak remaja agar dapat mencapai kehidupan berkualitas di masa depan. Secara garis besar perubahan yang dilakukan BKKBN saat rebranding dapat dikategorikan ke dalam perubahan elemen merek, peningkatan kualitas produk, dan perubahan internal. Selanjutnya BKKBN menggunakan empat alat intervensi pemasaran sosial yaitu product, price, place, dan promotion. Product BKKBN berupa ide bahwa merencanakan kehidupan maka generasi milenial dan zilenial dapat menjadi manusia berkualitas. BKKBN meringankan price (harga/biaya) yang harus dikorbankan target sasaran dengan meluncurkan aplikasi KlikKB dan webinar online gratis via live streaming di YouTube. BKKBN juga mendekatkan diri dengan target sasarannya dengan adanya place (tempat) offline dan online. Terakhir, BKKBN menggunakan YouTube sebagai salah satu media promosi dengan mengeluarkan beragam segmen yang menarik dan cara promosi yang menarik.

Kata-kata Kunci: BKKBN; Pemasaran Sosial; Rebranding; YouTube


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Welmi E. Loudoe - Personal Name
Student ID
1603050024
Dosen Pembimbing
PETRUS ANA ANDUNG - 197402072008011012 - Dosen Pembimbing 1
Silvania S.E. Mandaru, S.Sos, M.Comn - 198401062014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Silvania S.E. Mandaru - 198401062014042001 - Penguji 1
Lukas Lebi Daga - 195911121987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Lou I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA