Skripsi
Implementasi Pemasaran Sosial Era Rebranding Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (Studi Etnografi Virtual Pada Akun YouTube BKKBN Official)
XMLBadan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memutuskan untuk melakukan pembaharuan merek (rebranding) dengan menargetkan pada generasi baru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang penyebab dan tujuan dari rebranding, perubahan-perubahan, serta implementasi pemasaran sosial yang dilakukan oleh BKKBN era rebranding melalui akun YouTube BKKBN Official. Hasil penelitian menunjukan bahwa rebranding yang dilakukan oleh BKKBN dilatarbelakangi oleh perubahan target sasaran yakni generasi milenial dan generasi zilenial, dengan tujuan untuk mengenalkan gaya hidup berencana sejak remaja agar dapat mencapai kehidupan berkualitas di masa depan. Secara garis besar perubahan yang dilakukan BKKBN saat rebranding dapat dikategorikan ke dalam perubahan elemen merek, peningkatan kualitas produk, dan perubahan internal. Selanjutnya BKKBN menggunakan empat alat intervensi pemasaran sosial yaitu product, price, place, dan promotion. Product BKKBN berupa ide bahwa merencanakan kehidupan maka generasi milenial dan zilenial dapat menjadi manusia berkualitas. BKKBN meringankan price (harga/biaya) yang harus dikorbankan target sasaran dengan meluncurkan aplikasi KlikKB dan webinar online gratis via live streaming di YouTube. BKKBN juga mendekatkan diri dengan target sasarannya dengan adanya place (tempat) offline dan online. Terakhir, BKKBN menggunakan YouTube sebagai salah satu media promosi dengan mengeluarkan beragam segmen yang menarik dan cara promosi yang menarik.
Kata-kata Kunci: BKKBN; Pemasaran Sosial; Rebranding; YouTube
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Welmi E. Loudoe - Personal Name
|
Student ID |
1603050024
|
Dosen Pembimbing |
PETRUS ANA ANDUNG - 197402072008011012 - Dosen Pembimbing 1
Silvania S.E. Mandaru, S.Sos, M.Comn - 198401062014042001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Silvania S.E. Mandaru - 198401062014042001 - Penguji 1
Lukas Lebi Daga - 195911121987021001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Komunikasi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
702.01 Lou I
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |