Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Materi Sumber Energi Di SD GMIT 2 Camplong Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Materi Sumber Energi Di SD GMIT 2 Camplong Kabupaten Kupang

XML

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap sumber energi melalui model pembelajaran Problem Based Learning di kelas IV SD GMIT 2 Camplong Kabupaten Kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD GMIT 2 Camplong Kabupaten Kupang, dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas IV SD GMIT 2 Camplong Kabupaten Kupang yang berjumlah 16 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang di gunakan peneliti dalam melakukan penelitian antara lain teknik observasi, teknik tes dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning mengalami adanya peningkatan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan pencapaian rata-rata ketuntasan belajar siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang yaitu pada siklus I presentase ketuntasannya 31,25% (5 siswa yang tuntas) dan pada siklus II presentase ketuntasannya adalah 93,75% (15 siswa yang tuntas). Adanya peningkatan hasil belajar siswa ini dilihat dari peningkatan rata-rata skor pengerjaan LKPD, pembuatan poster secara berkelompok dan pengerjaan tes evaluasi. Model pembelajaran Problem Based Learning dijalankan berdasarkan langkah-langkah yang ada. Peningkatan lain yang terjadi yaitu pada keaktifan siswa dikelas yang dinilai menggunakan lembar observasi yang disediakan peneliti. Siswa terlihat senang dengan model belajar dengan menyelesaikan masalah nyata. Berdasarkan penelitian di atas, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Siklus; Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ELSA INDRYANI LEO - Personal Name
Student ID
1901140191
Dosen Pembimbing
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala 19920430 202012 2 016 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
Sofia G. Un Lala 19920430 202012 2 016 - - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 LEO U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA