Pemanfaatan Video Sebagai Media Promosi Kesehatan Tentang Pencegahan Covid-19 (Studi Fenomenologi pada Tenaga Kesehatan di Puskesmas Pasir Panjang)

Detail Cantuman

Skripsi

Pemanfaatan Video Sebagai Media Promosi Kesehatan Tentang Pencegahan Covid-19 (Studi Fenomenologi pada Tenaga Kesehatan di Puskesmas Pasir Panjang)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelaman, motif dan makna dalam pemanfaatan video sebagai media promosi kesehatan tentang pengcegahan covid-19 oleh tenaga kesehatan di Puskesmas Pasir Panjang. Jenis penelitian ini adalah deskritif kualitatif dengan menggunakan studi fenomenologi Alfred Schutz. Penelitian ini berfokus pada pemanfaatan video promosi kesehatan sebagai objek dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini Menunjukan bahwa dalam memanfaatkan video sebagai media promosi kesehatan selama pandemic covid-19, tenaga kesehatan di Puskesmas Pasir Panjang mendapat beberapa pengelaman yaitu, video yang disebarluaskan merupakan video yang diproduksi sendiri dan didapatkan dari kementerian kesehatan, selain itu dalam produksi video tersebut tenaga kesehatan melewati beberapa proses seperti penyusunan naskah, penentuan lokasi dan pemeran,menyiapkan peralatan produksi, melakukan pengambilan video, pengeditan dan penyebarluasan. Dalam proses penyebarluasan, tenaga kesehatan menggunakan berbagai media sosial dan media penyalur infromasi lainnya. Adapun motif dalam penggunaan video sebagai media kesehatan ini dibagi dalam dua bagian yaitu motif sebab (Because of Motive) seperti efektif, menarik, mudah dipahami serta jangkauan lebih luas dan motif tujuan (In Order to Motives) seperti meningkatkan kesadaran masyarakat, mengurangi penyebaran covid-19, dan peningkatan kapasitas, skill dan kreatifitasan tenaga kesehatan. Selain itu pemaknaan tenaga kesehatan dalam pemanfaatan video ini juga dimaknai sebagai berikut, Sebagai suatu proses pelaksaan tugas dan tanggungjawab sebagi tenaga kesehatan, sebagai suatu proses pelayanan dan edukasi kepada masyarakat, suatu proses mencari pengalaman, sebagai suatu proses belajar dan intropeksi diri, sebagai suatu proses membangun dan merubah pola pikir masyarakat menjadi lebih baik, sebagai proses menentukan tujuan dan sebagai suatu proses membangun kepekaan terhadap fenomena yang terjadi di masyarakat.
Kata Kunci : Fenomenologi, Media Promosi Kesehatan, Video, Covid-19, Tenaga Kesehatan, Puskesmas Pasir Panjang


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Fernandito A. De Araujo - Personal Name
Student ID
1603050023
Dosen Pembimbing
Silvania S.E. Mandaru, S.Sos, M.Comn - 198401062014042001 - Dosen Pembimbing 1
Maria V. D. Pabha Swan, S.Sos., M.Med.Kom - 8829023419 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Silvania S.E. Mandaru - 198401062014042001 - Ketua Penguji
Maria V. D. Pabha Swan - - Penguji 1
Mas'amah - 197906172008012020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Ara P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA