Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Di Kelas V SDK Tahon Kabupaten Belu

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Di Kelas V SDK Tahon Kabupaten Belu

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh penerapan yang signifikan antara model direct instruction terhadap hasil belajar IPA materi sistem pencernaan pada manusia di kelas V SD Katolik Tahon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan rancangan one-group pretest-posttest. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analiis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Lokasi penelitian ini adalah SD Katolik Tahon. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pretest adalah 61,93. Setelah diberikan perlakuan, rata-rata nilai hasil belajar posttest adalah 84,73. Sedangkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 16 for windows. Berdasarkan analisis dan pengolahan data pada uji hpotesis (Uji Paired Sample T-Test), diperoleh nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000, sehingga nilai 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh yang signifikan penerapan model direct instruction terhadap hasil belajar IPA materi sistem pencernaan pada manusia di kelas V SDK Tahon Kabupaten Belu. Kata kunci: model direct instruction, hasil belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Triponia Habu - Personal Name
Student ID
1601140271
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Hab P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA