PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI OENINO KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI OENINO KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

XML

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2022, di SMP Negeri Oenino, yang bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran discovery learning yang diterapkan pada siswa kelas VII SMP Negeri Oenino dalam memecahkan masalah ekosistem. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B TA. 2022/2023 sebanyak 25 orang, 17 perempuan dan 8 laki-laki. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan juga teknik deskriptif kualitatif. Deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa sedangkan teknik deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis aktivitas guru dan aktivitas siswa.
Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning menghasilkan persentase indikator ke-4 yang meningkat. Persentase indikator (1) pemahaman masalah pada pra siklus meningkat dari 28% menjadi 83% baik pada siklus I maupun siklus II dengan total peningkatan 55%; (2) perencanaan pemecahan masalah pada pra siklus meningkat dari 64% menjadi 77% pada siklus II dan meningkat menjadi 89% pada siklus II dengan jumlah peningkatan sebesar 25%; (3) indikator pelaksanaan pemecahan masalah pada pra siklus meningkat dari 50% menjadi 77% pada siklus I dan menjadi 86% pada siklus II; (4) Indikator pemeriksaan ulang hasil pra siklus meningkat dari 38% menjadi 52% (siklus I) dan menjadi 67% (siklus II). Persentase total peningkatan indikator 4 adalah 29%. Pada Siklus I siswa kurang aktif dalam bertanya dan juga tidak mendengarkan materi yang disampaikan dan dijelaskan, namun mereka aktif dalam mengidentifikasi masalah dan mendengarkan penguatan materi pada bagian penutup. Peningkatan sikap siswa sudah mengalami perubahan pada siklus II yaitu sudah terjadi peningkatan pada nilai rata-rata. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I meningkat dari 2,75 menjadi 3,75 pada Siklus II dengan persentase perolehan siklus I sebesar 69% dan siklus II sebesar 94% dengan kualifikasi berhasil. Sedangkan aktivitas guru diperoleh rata-rata siklus I sebesar 3,00 dan siklus II sebesar 3,88 dengan perolehan persentase keberhasilan siklus I sebesar 75% dan siklus II sebesar 97%.
Kata kunci: Model Pembelajaran discovery learning, Kemampuan PemecahanMasalah, Ekosistem.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Setri Salli Gatirma Lopo - Personal Name
Student ID
1801040071
Dosen Pembimbing
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 1
PAULUS TAEK - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angela Gabriela Lika - - Ketua Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 1
PAULUS TAEK - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 LOP P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA