Penggunaan Model CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Suhu Dan Wujud Benda Di Kelas V SD Inpres Nunumeu Kota Soe

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Suhu Dan Wujud Benda Di Kelas V SD Inpres Nunumeu Kota Soe

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model CTL terhadap materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda di kelas V SD Inpres Nunumeu Kota Soe. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Nunumeu dengan jumlah siswa 21 yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes tertulis. Data dari hasil penelitian, dianalisis secara kualitatif tentang keaktifan siswa dan tes untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindak kelas (PTK), yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Nunumeu dengan hasil penelitian pada siklus I dari 21 peserta didik yang memperoleh nilai 76-100 yaitu 1 orang (5%), yang memperoleh nilai 51-75 yaitu 6 orang (29%), yang memperoleh nilai 26-50 yaitu 12 orang (57%), yang memperoleh nilai <25 yaitu 2 orang (9%). Sedangkan pada siklus II peneliti mulai melakukan perbaikan dalam pembelajaran sehingga nilai rata-rata peserta didik meningkat, dimana peserta didik yang mendapat nilai 76-100 yaitu 21 orang (100%). Berdasarkan hasil penelitian ini terlihat bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan model contextual teaching and learning di kelas V SD Inpres Nunumeu. Dari hasil peelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model contextual teaching and learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil siklus I hanya 1 siswa yang tuntas (5%) dan hasil II rata-rata 84,28 sehingga masuk dalam kategori sangat baik dengan presentase (100%).
Kata kunci : contextual teaching and learning, Belajar, Siswa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
JERMIAS B.W. RATTU - Personal Name
Student ID
1901140022
Dosen Pembimbing
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala 19920430 202012 2 016 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Sofia G. Un Lala, M.Pd_NIP. 19920430 202012 2 016 - - Penguji 1
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M,Pd - 19621004 198811 2 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 RAT P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA