Skripsi
PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MANGGARAI
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisi penerapanprinsip good governance dalam pelayanan publik di kantor dinas kependudukandan pencatatan sipil kabupaten Manggarai dan untuk mengetahui faktorpenghambat dalam penerapan prinsip good governance di kantor dinaskependudukan dan pencatatan sipil kabupaten Manggarai.penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif dengan informan berjumlah 9 orang. Teknikpengumpulan data dengan wawancara,observasi,dan dokumentasi. Teknik analisisdata yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data danpenarikan kesimpulan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan trianuglasidata,triangulasi sumber,dan triangulasi metode. Teori yang digunakan adalah teorSedarmayanti (2012). Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayananpublik di kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten Manggaraicukup baik.dilihat dari penerapan prinsip good governance,hal ini dapat dilihatdari indikor (1).responsivitas pelayanan public di kantor dinas kependudukan danpencatatan sipil kabupaten Manggarai sudah di terapkan dengan baik dimanapegawai di instansi tersebut dalam berkomunikasi dengan masyarakat sudahmenggunakan bahasa yang sopan dan ramah serta soal ketepatan dan kecepatandalam pelayanan sudah di lakukan dengan baik.(2) efektif dan efisien sudahditerapkan dengan baik dimana dalam proses pemberian pelayanan tidak berbelitbelit misalnya masyrakat bisa mengajukan permohonan menggunakan mediaemail dan wahatsaap sehingga memudahkan masyarakat.(3) Keadilan belumditerpakan dengan baik dimana dalam proses pengurusan adiministrasikependudukan masih ada pelayanan dengan system kekeluargaan.(4).Akuntabilitas sudah diterapkan dengan baik dilihat dari pegawaibertanggungjawab jika terjadi kelalaian dalam memberikan pelayanan.(5)Transparansi sudah diterapkan dengan baik dimana dalam menyampaikaninformasi terkait persyaratan-persyaratan,waktu dan biaya dalam pengurusanadministrasi kependudukan sudah dibuat dalam bentuk banner dan sudahdibagikan ke 171 desa dan kelurahan yang ada di kabupaten Manggarai.
Kata kunci: Good Governance, pelayanan publik
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
FRANSISKA CICI KURNIATI - Personal Name
|
Student ID |
1903010139
|
Dosen Pembimbing |
MELKISEDEK N B C NEOLAKA - 196205191989011001 - Dosen Pembimbing 1
CATARYN V ADAM - 196804042000032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Melkisedek N B C Neolaka - 196205191989011001 - Ketua Penguji
Cataryn V Adam - 196804042000032001 - Penguji 1 Jacob Wadu - 196305301988031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Administrasi Negara
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.01 KUR P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |