PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MANGGARAI

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MANGGARAI

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisi penerapanprinsip good governance dalam pelayanan publik di kantor dinas kependudukandan pencatatan sipil kabupaten Manggarai dan untuk mengetahui faktorpenghambat dalam penerapan prinsip good governance di kantor dinaskependudukan dan pencatatan sipil kabupaten Manggarai.penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif dengan informan berjumlah 9 orang. Teknikpengumpulan data dengan wawancara,observasi,dan dokumentasi. Teknik analisisdata yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data danpenarikan kesimpulan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan trianuglasidata,triangulasi sumber,dan triangulasi metode. Teori yang digunakan adalah teorSedarmayanti (2012). Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayananpublik di kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten Manggaraicukup baik.dilihat dari penerapan prinsip good governance,hal ini dapat dilihatdari indikor (1).responsivitas pelayanan public di kantor dinas kependudukan danpencatatan sipil kabupaten Manggarai sudah di terapkan dengan baik dimanapegawai di instansi tersebut dalam berkomunikasi dengan masyarakat sudahmenggunakan bahasa yang sopan dan ramah serta soal ketepatan dan kecepatandalam pelayanan sudah di lakukan dengan baik.(2) efektif dan efisien sudahditerapkan dengan baik dimana dalam proses pemberian pelayanan tidak berbelitbelit misalnya masyrakat bisa mengajukan permohonan menggunakan mediaemail dan wahatsaap sehingga memudahkan masyarakat.(3) Keadilan belumditerpakan dengan baik dimana dalam proses pengurusan adiministrasikependudukan masih ada pelayanan dengan system kekeluargaan.(4).Akuntabilitas sudah diterapkan dengan baik dilihat dari pegawaibertanggungjawab jika terjadi kelalaian dalam memberikan pelayanan.(5)Transparansi sudah diterapkan dengan baik dimana dalam menyampaikaninformasi terkait persyaratan-persyaratan,waktu dan biaya dalam pengurusanadministrasi kependudukan sudah dibuat dalam bentuk banner dan sudahdibagikan ke 171 desa dan kelurahan yang ada di kabupaten Manggarai.
Kata kunci: Good Governance, pelayanan publik


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
FRANSISKA CICI KURNIATI - Personal Name
Student ID
1903010139
Dosen Pembimbing
MELKISEDEK N B C NEOLAKA - 196205191989011001 - Dosen Pembimbing 1
CATARYN V ADAM - 196804042000032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Melkisedek N B C Neolaka - 196205191989011001 - Ketua Penguji
Cataryn V Adam - 196804042000032001 - Penguji 1
Jacob Wadu - 196305301988031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 KUR P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA